Soloraya
Jumat, 16 Agustus 2013 - 18:20 WIB

PENDAKIAN GUNUNG HUT RI: Merapi & Merbabu Mulai Dipadati Ratusan Pendaki

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pendaki bersiap melakukan pendakian di pos Merapi Boyolali. (Septhia R/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI ––  Pendakian gunung dalam rangka HUT Ke-68 RI di puncak Merapi dan Merbabu mulai menggeliat sejak Jumat (16/8/2013) siang.

Hingga siang tadi sebanyak 150-an pendaki akan sudah mendatangi kawasan Merapi dan Merbabu. Diperkirakan hingga Sabtu (17/8) dini hari nanti ada sekitar 500 pendaki yang akan merayakan 17-an di puncak kedua gunung itu.

Advertisement

Meskipun sudah ada larangan agar para pendaki tidak mendaki hingga puncak gunung tersebut, hal itu tak menyurutkan minat para pendaki untuk mendaki hingga puncak.

Para pendaki itu, mayoritas ingin merayakan peringatan HUT kemerdekaan RI di puncak Merapi.

Koordinator Basecamp Bara Meru Dusun Plalangan, Desa lencoh, Kecamatan Selo, Syamsuri mengungkapkan, hingga Jumat siang tercatat sekitar 150 pendaki yang sudah mendaftarkan diri. Jumlah itu diperkirakan bertambah hingga malam, bahkan dini hari.

Advertisement

”Kami perkirakan sampai nanti malam bisa mencapai 500 pendaki,” ungkapnya.

Sementara terkait adanya larangan pendakian ke puncak Merapi, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Resor Selo, Ruky Umaya, menjelaskan seluruh pendaki dilarang ke puncak.

”Kami imbau agar pendaki hanya sampai di Pasar Bubrah karena radius aman pendakian sekitar 500 meter dari kawasan puncak, ya hanya di kawasan itu,” terangnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif