Teknologi
Kamis, 15 Agustus 2013 - 01:45 WIB

Rahasia Makam Kuno di Inggris Terungkap

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penemuan makan kuno di Inggris (Dailymail)

Solopos.com, LONDON — Rahasia sebuah makam kuno di  abad pertengahan yang terletak di bawah gereja di daerah Rothwell, Northamptonshire telah dipecahkan oleh tim ilmuwan.

Gereja Trinity Kudus Inggris (Dailymail)

Advertisement

Gereja Trinity Kudus, ternyata merupakan akses untuk masuk ke makam abad pertengahan yang terletak di bawah gereja.

Makam ini berisi sisa tulang belulang dari sekitar seribu orang warga desa Rothwell yang oleh warga desa sekitar diduga menjadi korban wabah penyakit tertentu atau menjadi korban pertempuran abad pertengahan.

Saat ini, para peneliti ahli dari Departemen Arkeologi, Universitas Sheffield mengemukakan bahwa ruang bawah tanah tersebut, dibangun sebagai rumah mereka, seperti yang dilansir Daily Mail Selasa (13/8/2013).

Advertisement

“Menurut kami, ruang bawah tanah ini dulunya difungsikan sebagai tempat beristirahat atau rumah bagi mereka yang bekerja di alam terbuka. Namun banyak orang percaya bahwa tempat itu adalah tempat pembauangan orang yang menjadi korban wabah,” ujar Jenny Crangle selaku kepala penelitian.

Makam kuno di bawah Gereja (Dailymail)

Saat ini, Crangle dan timnya masih berusaha untuk mengetahui umur dan jenis kelamin dari tulang belulang yang ada di sana dengan menggunakan teknik penanggalan karbon.

Advertisement

“Ini telah menjadi proyek yang sangat menarik sejauh ini. Dan kami ingin tahu lebih lanjut tentang mereka,” ungkap nya.

“Selama ini, ratusan orang memiliki kesan yang salah terhadap tempat ini. Dan saya senang karena saya bisa mengubah pandangan mereka tentang tempat ini dan saya berharap semoga tempat ini menjadi tempat yang religius untuk dikunjungi,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif