Soloraya
Kamis, 15 Agustus 2013 - 04:16 WIB

KUNJUNGAN SBY : Antisipasi Unjuk Rasa, Aparat Siapkan Pengamanan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) direncanakan berkunjung ke Kabupaten Boyolali terkait serangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PT Askes, Jumat (30/8/2013) mendatang.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani, mewakili Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengemukakan agenda utama kedatangan SBY di Boyolali tersebut kaitannya dengan transformasi migrasi dari PT Askes ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Advertisement

“Rencananya kegiatan akan dilakukan di alun-alun kabupaten di kompleks perkantoran Pemkab terpadu di Kemiri, Mojosongo,” ungkap Wiwis saat ditemui wartawan di sela-sela rapat koordinasi (rakor) kesiapan kedatangan SBY di Pendapa Kantor Bupati Boyolali, Rabu (14/8).

Sedangkan terkait pengamanan kedatangan SBY ke Boyolali, langsung ditangani di bawah Kodam IV Diponegoro, melibatkan Polri dan jajarannya.

Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto, menyatakan pihaknya akan mendukung pengamanan untuk menyambut kedatangan SBY tersebut. Disinggung persiapan jika ada aksi unjuk rasa, Kapolres mengatakan pihaknya juga siap mengamankan agar tidak sampai menjadi kendala saat kedatangan SBY. Ditegaskan dia, pihaknya tidak mentoleransi aksi unjuk rasa yang tidak berizin.

Advertisement

”Sejauh ini belum ada pemberitahuan [unjuk rasa]. Harapan kami ya tidak ada,” kata Kapolres.

Sementara untuk deteksi dini keamanan, aparat juga sudah menerjunkan intelejen.

Meski demikian, pihaknya tetap membentuk tim untuk antisipasi keamanan, baik unjuk rasa maupun aksi teror yang mungkin terjadi saat kedatangan SBY. Sejauh ini, langkah-langkah pengamanan yang dilakukan jajaran Polres terutama cipta kondisi keamanan yang kondusif.

Advertisement

“Pimpinan keamanan langsung dari Kodam, kami akan mem-back-up pengamanannya,” papar dia.

Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali, Letkol Arm Dedy Zulkifli mengungkapkan, antisipasi dilakukan sebelum hingga keberangkatan SBY di Boyolali.

Sejauh ini menurut Dandim, pihaknya belum mensinyalir gangguan atas rencana kedatangan SBY tersebut.

“Pengamanan sudah dilakukan, kami berharap kedatangan Presiden lancar tanpa gangguan,” ungkap Dandim.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif