Lifestyle
Kamis, 15 Agustus 2013 - 22:02 WIB

BUS TINGKAT WISATA : Bus Ala Werkudara Akan Jadi Ikon Wisata Baru Jakarta

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bus tingkat wisata Werkudara yang diperkenalkan di Solo saat Jokowi menjadi walikota. Kini DKI Jakarta juga akan meluncurkan bus tingkat wisata serupa. (Dok/JIBI/Solopos)

Bus tingkat wisata Werkudara yang diperkenalkan di Solo saat Jokowi menjadi walikota. Kini DKI Jakarta juga akan meluncurkan bus tingkat wisata serupa. (JIBI/SOLOPOS/Maulana Surya)

Solopos.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi rupanya banyak mengusung idenya saat memimpin Kota Solo ke Jakarta. Kali ini yang diadopsinya adalah bus tingkat wisata. Kalau di Solo saat ini sudah ada bus tingkat wisata Werkudara, maka dalam waktu dekat di Jakarta akan ada pula bus tingkat serupa.
Advertisement

“Untuk mempermudah warga maupun turis berwisata, berkeliling kota Jakarta, kita akan menyediakan transportasi wisata berupa bus tingkat,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Sebagai permulaan, menurut Ahok, Pemprov DKI telah lebih dulu memesan sebanyak lima unit bus tingkat yang diperkirakan akan tiba di Jakarta pada Oktober atau November 2013. “Pak Gubernur sudah memesan lima bus tingkat yang rencananya sudah tiba di Jakarta bulan Oktober atau November tahun ini. Totalnya semua ada 14 bus yang akan dipesan,” ujar Ahok.

Ahok menuturkan harga bus tingkat jauh lebih murah dibandingkan harga bus TransJakarta. Harga bus tingkat, lanjut dia, adalah Rp2 miliar per unit, sedangkan bus TransJakarta mencapai Rp4 miliar per unit. “Karena kita sudah memesan lima terlebih dahulu, jadi totalnya Rp10 miliar. Bus tingkat ini lebih murah dibandingkan bus TransJakarta. Kalau untuk bahan bakar, kemungkinan akan pakai Bahan Bakar Gas (BBG),” tutur Ahok.

Advertisement

Ahok mengungkapkan bus pariwisata yang akan dicat dengan warna-warna cerah itu nantinya akan melintasi rute Blok M-Monumen Nasional (Monas)-Kota Tua-Gajah Mada-Hayam Wuruk-Juanda. Selain itu, Ahok menambahkan, bus tingkat tersebut juga nantinya akan ditujukan untuk seluruh warga, baik pekerja, maupun turis, dan tidak dikenakan tarif alias gratis.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif