Soloraya
Kamis, 15 Agustus 2013 - 21:45 WIB

BUMI PERKEMAHAN WONOGIRI : Rencana Hutan Wisata Selomoyo Terkatung-Katung

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Rencana pembuatan bumi perkemahan di hutan wisata Selomoyo di Dusun Selomoyo, Kelurahan Selomarto, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri  masih terkatung-katung. Padahal, akhir 2012 lalu saat berkunjung ke lokasi, Bupati Wonogiri telah menyetujui rencana tersebut.

Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.12 Pramuka Wonogiri, Sri Wahyu Widayatto, mengatakan saat meninjau lokasi, Bupati Wonogiri Danar Rahmanto menyetujui rencana itu dan akan menindaklanjutinya.

Advertisement

“Hingga saat ini, belum ada kepastian berapa lahan yang bisa kami manfaatkan untuk bumi perkemahan. Kami berharap bisa mendapat porsi lahan sekitar lima hingga 15 hektar dari total luas hutan wisata di Selomoyo sekitar 35 hektare,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (14/8/2013).

Sebab, lanjut dia, dari SKPD terkait belum ada yang menindaklanjuti hal tersebut. Seperti Badan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta Kantor Lingkungan Hidup.

“Kalau sudah ada pembahasan dan ada kejelasan, kami bisa menggarapnya. Bahkan, kami sudah mempersiapkan konsep untuk pembuatan detail engineering design (DED). Hanya, terkait pendanaan untuk rencana pembuatan tersebut, kami belum bisa menghitungnya,” ujarnya yang juga Kepala Kantor Lingkungan Hidup Wonogiri.

Advertisement

Ia ingin Pemkab bisa segera menindaklanjuti rencana tersebut karena Kabupaten Wonogiri tidak bisa menjadi tuan rumah untuk acara nasional kepramukaan karena belum memiliki bumi perkemahan. “Sebenarnya, Kepala Kwarnas mau membantu jika rencana itu direalisaikan. Tapi, kami tetap menunggu keputusan dari Pemkab,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif