Soloraya
Rabu, 14 Agustus 2013 - 21:05 WIB

SELEKSI ANGGOTA KPU : Timsel Seleksi Anggota KPU Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Masa bakti ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri berakhir 23 Oktober. Untuk itu, Tim Seleksi (Timsel) anggota dan ketua KPU Wonogiri saat ini mulai bekerja.

Tim yang terdiri atas lima orang dari berbagai latar belakang itu akan mengumumkan pendaftaran anggota KPU pada 20-22 Agustus. Sementara itu, Ketua KPU Wonogiri saat ini, Joko Purnomo, dikabarkan sudah mengikuti seleksi untuk menjadi anggota KPU Provinsi Jawa Tengah.

Advertisement

Sekretaris KPU Wonogiri, Agung, menjelaskan Komisioner KPU Jawa Tengah telah mengumumkan lima nama anggota Timsel yang bertugas menyeleksi ketua dan anggota KPU Wonogiri.

Lima anggota Timsel adalah Wibowo Murti Samadi dari Unisri Solo sebagai ketua, Trianto Hery Suryono (profesional) sebagai sekretaris, dan tiga anggota MT Arifin (budayawan), Izza Mufruhah (UNS Solo) dan Rudatyo (Uniba Solo).

“Karena Timsel sudah ada, mereka akan mulai bekerja. Yang pertama nanti pengumuman tanggal 20-22 Agustus dan pendaftarannya 23-27 Agustus. Mereka akan kerja cepat karena waktunya tidak lama lagi,” urai Agung, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (14/8/2013).

Advertisement

Menurut Agung, setelah masa pendaftaran berakhir 27 Agustus, Timsel akan melakukan beberapa seleksi terhadap pendaftar. Seleksi dimaksud meliputi seleksi administrasi, tes tertulis, tes wawancara, dan psikotes. Selanjutnya, Timsel akan menetapkan 10 nama bakal ketua dan anggota KPU.

Dari 10 nama tersebut akan dikerucutkan lagi menjadi lima orang melalui seleksi atau fit and proper test yang dilakukan KPU Jawa Tengah.

Sementara itu, terkait Ketua KPU, Joko Purnomo, Agung membenarkan Joko sudah mengikuti seleksi pemilihan anggota KPU Jawa Tengah.

Advertisement

“Jadi besar kemungkinan Pak Joko [Ketua KPU Wonogiri] ke KPU Provinsi. Tapi ya dilihat dulu nanti bagaimana,” ungkap dia.

Lebih jauh, Ketua Timsel, Wibowo Murti Samadi, saat dihubungi terpisah, Rabu, menjelaskan tahap awal yang akan dilakukan pihaknya adalah mengumumkan pendaftaran calon anggota KPU masa bakti 2013-2018.

Formulir pendaftaran anggota KPU tersebut bisa di-download di website KPU atau diambil langsung di sekretariat. Wibowo melanjutkan sesuai Undang-Undang (UU) No. 15 tahun 2010 tentang Penyelenggara Pemilu, Timsel akan menetapkan 10 orang calon anggota KPU Wonogiri.

“Sepuluh calon itu akan mengikuti fit and proper test yang dilaksanakan KPU Jateng. KPU jateng yang menentukan lima anggota KPU Wonogiri untuk lima tahun ke depan,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif