News
Rabu, 14 Agustus 2013 - 06:17 WIB

PELANTIKAN GUBERNUR JATENG : Ganjar Sambut Gembira Pemangkasan Biaya

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (R Bambang A/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jateng terpilih Ganjar Pranowo mendukung langkah Sekretariat DPRD Jateng memangkas biaya pelantikan gubernur dan wakil gubernur pada 23 Agustus 2013 mendatang dari Rp1 miliar menjadi Rp500 juta. “Kalau biayanya [pelantikan gubernur] akhirnya dikurangi ya baik, malah bila memungkinkan gratis,” katanya ketika dihubungi wartawan melalui telepon seluler dari Semarang, Selasa (13/8/2013).

Sejak semula, lanjut Ganjar, ia menginginkan pelantikan dirinya dan Heru Sudjatmoko sebagai gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dilakukan secara sederhana. Itu pasalnya, tatkala beberapa waktu lalu membaca media bahwa biaya pelantikan mencapai Rp1 miliar maka Ganjar pun langsung menghubungi Sekretaris DPRD Jateng Priyo Anggoro untuk dilakukan efisiensi anggaran.

Advertisement

“Saat saya hubungi Sekretaris DPRD [Priyo Anggoro] menyanggupi melakukan efisiensi anggaran. Saya menyambut baik kalau akhirnya dana dikurangi,” jelas dia.

Dia berharap acara pelantikan bisa berjalan lancar dan tertib, serta masyarakat ikut terlibat langsung, “Biar rakyat ikut serta. Pelantikan ini kan pesta rakyat,” pungkas Ganjar.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Jateng, Priyo Anggoro, mengatakan anggaran pelantikan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko telah dianggarkan dalam APBD Jateng murni 2013 senilai Rp1 miliar. Menurut dia, merespons keinginan Ganjar Pranowo supaya pelantikan dilakukan secara sederhana, maka dana dipangkas menjadi Rp500 juta. “Kami kembalikan Rp500 juta ke kas daerah,” katanya.

Advertisement

Sementara diperoleh informasi, sebanyak 47 anggota Komisi II DPR telah meminta undangan untuk menghadiri pelantikan Ganjar Pranowo ke Sekretariat DPRD Jateng. Sekretaris DPRD Jateng Priyo Anggoro mengatakan ke-47 anggota Komisi II DPR secara resmi telah meminta undangan pelantikan Ganjar. “Kami telah mengkomodasi permintaan ini. Tidak hanya 47 anggota Komisi II DPR, tapi juga 15 anggota FPDIP DPR asal Jateng juga meminta undangan pelantikan,” ungkap dia.

Seperti diketahui, 47 anggota Komisi II DPR merupakan teman Ganjar Pranowo yang juga menjadi anggota Komisi tersebut. Ganjar juga merupakan anggota FPDIP DPR.

Untuk acara pelantikan Ganjar dan Heru, Sekretariat DPRD Jateng membatasi undangan sebanyak 800 orang, karena keterbatasan tempat. Pelantikan Ganjar dan Heru direncanakan berlangsung di ruang utama lantai IV Gedung Berlian, Jl Pahlawan, Kota Semarang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif