News
Rabu, 14 Agustus 2013 - 17:24 WIB

KASUS CEBONGAN : Video Pengeroyokan di Hugo's Dipertontonkan

Redaksi Solopos.com  /  Yudi Kusdiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sidang kasus penyerbuan Lapas Cebongan

Sidang kasus penyerbuan Lapas Cebongan

Harian Jogja.com, BANTUL—Video pengeroyokan anggota Kopassus, Serka Heru Santoso di Kafe Hugo’s, diputar dalam persidangan perkara penyerangan dan penembakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB, Cebongan, Sleman , Rabu (14/8/2013).

Advertisement

Sidang dengan agenda pembelaan atau pleidoi oleh terdakwa Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto dan Koptu Kodik terhadap tuntutan Oditur berlangsung di Pengadilan Militer Jogja.

Ucok Tigor sebelumnya dituntut 12 tahun penjara serta dipecat dari dinas kemiliteran karena dianggap terbukti melakukan pembunuhan berencana dan melanggar perintah dinas.

Sedangkan Serda Sugeng Sumaryanto dan Koptu Kodik masing-masing dituntut 10 dan delapan tahun penjara. Keduanya juga dituntut dipecat dari dinas kemiliteran.

Advertisement

Dalam sidang, tim penasihat hukum terdakwa meminta izin memutar dua video berdurasi 10,5 menit yang dianggap dapat meringankan terdakwa. Video pertama berisikan dukungan sejumlah warga Jogja terhadap para terdakwa yang telah menembak mati kelompok Decki, pelaku pengeroyokan Serka Heru Santoso.

Video kedua yang diputar adalah cuplikan CCTV mengenai pengeroyokan oleh kelompok Decki di Kafe Hugo’s. Tak tampak jelas gambar yang ditampilkan di video ini, hanya gambar mayat Serka Heru Santoso dengan luka tusuk yang jelas terpampang dalam video.

Ketua Tim Penasihat Hukum terdakwa Kolonel Rokhmat meminta hakim membebaskan ke tiga terdakwa serta menolak tuntutan pemecatan sebagai anggota TNI yang disampaikan Oditur, mengingat perbuatan meraka yang diklaim mendapat dukungan dari masyarakat.

Advertisement

“Terdakwa rawan digunakan oleh orang lain untuk melakukan kejahatan karena keahliannya [sebagai anggota Kopassus] bila tidak lagi bertugas sebagai Anggota TNI,” ujar Rokhmat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif