News
Senin, 12 Agustus 2013 - 22:45 WIB

PELANTIKAN GUBERNUR JATENG : DPRD Pangkas Biaya Rp500 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEMARANG — Sekretriat DPRD Jateng memangkas anggaran biaya pelantikan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatomoko dari Rp1 miliar menjadi Rp500 juta.
Pelantikan Ganjar-Heru sebagai Gubernur Dan Wakil Gubernur Jateng periode 2013-2018 dipastikan pada 23 Agustus 2013.

Sekretaris DPRD Jateng, Priyo Anggoro, mengatakan anggaran pelantikan gubernur dan wakil gubernur sebenarnya telah dianggarkan dalam APBD Jateng murni 2013 senilai Rp1 miliar.

Advertisement

“Merespons dari keinginan Ganjar Pranowo supaya pelantikan dilakukan secara sederhana, maka kami kembalikan Rp500 juta ke kas daerah,” katanya kepada wartawan di Gedung Berlian Jl Pahlawan, Kota Semarang, Senin (12/8/2013).

Dia menambahkan akan memaksimalkan anggaran biaya pelantikan Ganjar-Heru tidak lebih dari Rp500 juta. Biaya paling besar untuk konsumsi dan pengamanan.

Konsumsi dan pengamanan menyedot alokasi dana besar, karena jumlah tamu yang diundang cukup banyak, mencapai 800 orang.

Advertisement

“Tamu yang diundang ini sudah kami seleksi, kalau tidak bisa mencapai ribuan orang,” tandasnya.

Tamu undangan itu berasal dari berbagai kalangan, antara lain dari Kementerian Dalam Negeri, anggota DPR RI, sejumlah gubernur, mantan gubernur Jateng, para rektor perguruan tinggi se-Jateng, 35 bupati/walikota, dan mahasiswa.

“Kami telah menyiapkan undangan dan persiapan pelantikan. Semoga semua berjalan lancar,” harap Priyo.

Advertisement

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi menjelaskan pelantikan Ganjar-Heru akan dilakukan di dalam gedung Dewan.

Pelantikan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam rapat paripurna istimewa DPRD Jateng di ruang utama lantai IV Gedung Berlian.

“Mengingat waktu pelantikan pendek karena hari Jumat, maka pelaksanaan dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 09.30 WIB,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif