Soloraya
Senin, 12 Agustus 2013 - 23:45 WIB

LEBARAN 2013 : Masuki Pancaroba, ISPA Serang Warga Grogol Sukoharjo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Puskesmas (JIBI/Solopos/Dok)

Ilustrasi Puskesmas (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Solopos.com., SUKOHARJO — Selama libur Lebaran sebanyak 218 penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan 42 diare ditemukan di Puskesmas Grogol. Penyakit ISPA lebih mendominasi lantaran pengaruh pergantian musim (pancaroba).

Advertisement

Kepala Puskesmas Grogol, Endang Astuti, mengatakan selama puasa dan Lebaran penyakit batuk dan pilek banyak melanda warga. Pasalnya, memasuki musim kemarau ini banyak debu beterbangan di jalan. Selain itu, perbedaan suhu antara siang dan malam juga cukup mencolok. Orang-orang yang kurang memiliki daya tahan tubuh yang kuat akan mudah terkena virus penyakit.

“Pada musim kemarau ini banyak debu sehingga banyak warga yang terkena penyakit batuk dan pilek,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (12/8/2013).

Selain ISPA, masyarakat Kecamatan Grogol juga banyak diserang diare. Sejak H-7 Lebaran, tercatat sebanyak 42 pasien penderita diare. Menurut Endang, jumlah ini tidak begitu banyak. Dibandingkan periode yang sama bulan lalu tercatat sebanyak 91 orang terkena diare.

Advertisement

Saat disinggung mengenai risiko penyakit menular yang dibawa pemudik, Endang mengaku tidak terlalu mengkhawatirkan hal itu. Pasalnya, tahun ini Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo tidak mengedarkan surat imbauan untuk mewaspadai penyakit menular.

Tahun lalu, lanjutnya, DKK Sukoharjo mengedarkan surat untuk mewaspadai penyakit malaria. Selain itu, ia menilai persediaan obat yang semula kurang sudah dipenuhi oleh DKK. Sehingga Puskesmas bisa lebih siap melayani pasien.

“Tahun lalu ada surat dari DKK tentang waspada penyakit malaria dan imbauan untuk segera mengatasi penyakit tersebut. Tetapi tahun ini tidak ada,” aku dia.

Advertisement

Berdasarkan pantauan, pada hari pertama pelayanan seusai libur Lebaran, Puskesmas Grogol tambah dipadati pasien. Endang menyampaikan selama libur Lebaran ada petugas piket yang berjaga sejak pukul 08.00 WIB-11.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif