News
Senin, 12 Agustus 2013 - 18:07 WIB

DANA BOS : Anggaran Pendamping Belum Cair, Sekolah Pilih Berhemat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Dana pendamping Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi 103.696 siswa SMP dan SD Kota Solo belum cair hingga pertengahan Agustus. Sejumlah sekolah memilih menghemat dana agar bisa mencukupi biaya operasional sekolah.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, tercatat 68.503 siswa SD dan 35.193 siswa SMP yang mestinya ditanggung dana pendamping BOS. Besarnya dana pendamping bagi siswa SD sebesar Rp30.000 per siswa, sedangkan pendamping BOS SMP sebesar Rp50.000 per siswa. Dana pendamping BOS yang disediakan untuk kedua jenjang masing-masing sebesar Rp2,055 miliar dan Rp1,759 miliar.

Advertisement

Kepala SMPN 2 Solo, Sutrisno, saat dihubungi Solopos.com, Senin (12/8/2013), mengakui bahwa cairnya dana pendamping BOS dinantikan. Meski dana BOS periode III telah turun, kelanjutan pembiayaan operasional sekolah tetap membutuhkan dana pendamping BOS. Pasalnya, hingga saat ini dana Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Solo (BPMKS) juga belum cair.

“Dana BOS sudah cair dan sudah digunakan untuk beberapa pembiayaan, tetapi belum mencukupi seluruh pembiayaan yang dibutuhkan. Kami berharap dana pendamping bisa segera cair. Untuk sementara, kami berusaha mengatur pendanaan agar sebisa mungkin tidak kekurangan dana,” terangnya.

Kepala SMPN 10, Bambang Edy, juga mengungkapkan hal serupa. Pihaknya berusaha memprioritaskan beberapa kebutuhan awal tahun pelajaran yang bisa didanai BOS. Pembiayaan kegiatan lain yang sudah terencana sebelumnya akan didanai dana pendamping BOS dan BPMKS.

Advertisement

“Yang paling dibutuhkan, seperti pembiayaan masa orientasi sekolah [MOS] kami danai dulu dengan BOS. Ketiga sumber dana baik BOS, pendamping dana BOS maupun BMPKS sudah dimasukkan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah [RKAS]. Kami masih menanti pencairannya,” ujarnya, Senin sore.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Disdikpora Kota Solo, Habib Winarto, mengatakan cairnya dana pendamping BOS tidak terlambat. Saat ini, pihaknya masih menantikan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Solo sebagai syarat pencairan dana pendamping BOS. SK yang dimaksud, lanjutnya, satu paket dengan SK pengajuan dana Bantuan Gubernur (Bangub) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) 2013.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif