Soloraya
Sabtu, 10 Agustus 2013 - 17:05 WIB

LEBARAN 2013 : H+2 Lebaran, Pengunjung Objek Wisata WGM Membeludak

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan antri menaiki perahu wisata di Waduk Gajah Mungkur beberapa waktu lalu. Waduk ini menjadi salah satu tujuan wisata utama yang akan dikembangkan melalui Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Daerah Wonogiri. (JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

Wisatawan antre menaiki perahu wisata di Waduk Gajah Mungkur beberapa waktu lalu. Waduk ini menjadi salah satu tujuan wisata utama yang akan dikembangkan melalui Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Daerah Wonogiri. (JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

Solopos.com, WONOGIRI — Pengunjung Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) pada Sabtu (10/8/2013) atau H+2 Lebaran membeludak. Kendaraan menuju pintu masuk juga tampak padat lancar hingga hampir mencapai jalan di depan Polres Wonogiri.

Advertisement

Pantauan Solopos.com, di kawasan Objek Wisata WGM, Sabtu, kendaraan pengunjung memenuhi depan loket penjualan tiket. Berikutnya, di jalan depan pintu masuk hingga sekitar 3-4 kilometer (km) ke arah kota dipenuhi kendaraan pengunjung maupun kendaraan bukan pengunjung yang menuju kawasan Wonogiri selatan.

Berdasarkan pengamatan sementara, jumlah pengunjung Objek Wisata WGM membeludak atau diperkirakan mencapai lebih dari 20.000 orang.

Petugas parkir di salah satu warung makan di jalan menuju Objek Wisata WGM, Wardi, mengatakan dibanding Jumat (9/8/2013), jumlah kendaraan yang melintasi jalan meningkat tajam.

Advertisement

“Hari ini [ Sabtu] peningkatan jumlah kendaraannya luar biasa. Kemarin [Jumat] jam segini [11.00 WIB] jalanan masih sepi. Tapi hari ini sejak tadi pagi sudah padat. Tapi tidak sampai macet,” ujar Wardi, saat ditemui Solopos.com, di lokasi setempat, Sabtu.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Objek Wisata WGM, Agus Tri Harimulyanto, mengatakan berdasarkan pengamatan kasat mata jumlah pengunjung WGM pada Sabtu mencapai puncak. Dia menguraikan jumlah pengunjung WGM terus meningkat dari hari ke hari, pada Kamis (8/8/2013) jumlah pengunjung 4.657 orang, sedangkan Jumat mencapai 19.164 orang. Sementara pada Sabtu, meski jumlah pengunjung belum terdata pasti, Agus melihat situasi lebih padat.

Dia menambahkan secara umum jumlah pengunjung tahun ini tercatat lebih rendah dibanding tahun lalu. Menurut dia, banyak kendala yang dihadapi pengelola Objek Wisata WGM pada momentum libur Lebaran tahun ini, sehingga jadi penyebab hal itu. Di antaranya soal gajah yang sampai saat ini belum kembali dan lahan parkir yang berkurang.

Advertisement

Namun, Gebyar Syawalan tahun ini dinilai lebih baik dalam hal penataan kawasan. Perobohan gerbang pintu masuk dan penataan parkir yang efektif membuat jumlah kendaraan yang tertampung lebih banyak. Sebagai gambaran, pada H2 Lebaran, jumlah kendaraaan yang bisa masuk kompleks Objek Wisata WGM mencapai 1.175 unit mobil dan 4.370 unit sepeda motor.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif