Sport
Rabu, 7 Agustus 2013 - 21:56 WIB

TRANSFER PEMAIN : Tak Kunjung Berprestasi, Anzhi Siap Jual Pemain

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Samuel Eto’o (Kanan), salah satu pemain yang dibeli Anzhi Makhachkala di era kepemilikan , Suleiman Kerimov. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, MOSCOW – Klub kaya raya asal Rusia, Anzhi Makhachkala, siap menjual para pemain bintangnya. Ini menyusul kabar bahwa miliarder pemilik Anzhi, Suleiman Kerimov, mengaku frustasi karena klub milikinya itu tak kunjung berprestasi meski telah mengucurkan banyak dana untuk mendatangkan pemain bintang.

Advertisement

Anzhi telah menghabiskan banyak dana sejak dibeli pengusaha Rusia itu pada 2011. Namun, uang yang berlimpah tetap tak mampu membeli kesuksesan. Anzhi hanya finish di posisi tiga Liga Rusia musim lalu dan meraih dua poin dari empat laga di awal musim ini.

Chairman Anzhi, Konstantin Remchukov, dalam akun Twitter-nya mengaku siap menjual beberapa pemain bintang untuk menghemat pengeluaran mereka. Ia juga berencana membawa kembali Gadzhi Gadzhiyev, manajer yang meninggalkan klub pada September 2011 lalu.

Kedatangan Gadzhiyev dipastikan akan menghentikan era kepemimpinan Rene Meulensteen, yang bertanggung dalam dua laga terakhir. Meulensteen, yang pernah menjabat sebagai pelatih tim inti Manchester United di bawah manajer Sir Alex Ferguson, memegang kendali di Anzhi pascamundurnya Guus Hiddink pada 22 Juli 2013.

Advertisement

“Kabar utama bahwa akan ada reorganisasi di Anzhi. Banyak pemain mahal akan pergi dan anggaran akan menjadi sekitar 50-70 juta dolar per tahun,” tulis Remchukov dalam akun Twitter-nya, dilansir Reuters

Dilansir website olahraga Rusia di sports.ru, anggaran Anzhi di 2012 mencapai hingga 180 juta dolar atau sekitar Rp1,85 triliun.

Pengeluaran besar Anzhi ini memang tak berdampak efektif bagi ambisi Kerimov. Klub bahkan hanya memberikan efek kecil dalam persaingannya di kompetisi domestic maupun Eropa.

Advertisement

Hal yang kontras dengan yang diperlihatkan rekan sesama pengusaha Rusia-nya, Roman Abramovich, yang dengan pengeluaran ekstra besar mampu membawa Chelsea memenangi Liga Champions Eropa 2012, ditambah beberapa kali gelar Liga Inggris maupun Piala FA.

Remchukov jelas membuat hasil yang mengecewakan di era kepemilikan Kerimov. Terlebih setelah menghamburkan uangnya untuk membeli beberapa pemain mahal seperti bek Brazilian,  Roberto Carlos dan striker Samuel Eto’o dan mendatangkan mantan manajer Chelsea dan PSV Eindhoven, Hiddink.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif