Jogja
Rabu, 7 Agustus 2013 - 10:50 WIB

LEBARAN 2013 : Polres Gunungkidul Terjunkan 10 Personel Polair

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
Ilustrasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kepolisian Resor Gunungkidul menyiapkan 10 personel polisi kelautan untuk membantu Tim Search And Rescue (SAR) wilayah setempat mengamankan objek wisata pantai untuk mengantisipasi kecelakaan laut.

Advertisement

Kapolres Gunungkidul, AKBP Faried Zulkarnain mengatakan gelombang laut di sepanjang pantai di Gunung Kidul sedang tinggi dengan rata-rata 1,5-2 meter.

“Untuk itu, kami mengerahkan 10 personel untuk memantau dan menjaga keselamatan pengunjung di sepanjangan pantai di Gunungkidul,” kata Faried, Rabu (7/8/2013).

Dia mengatakan pantai yang akan dijaga yakni Pantai Baron, Indrayanti, Kukup, Krakal, Drini, Ngrenean, dan Sepanjang. Kepolisian dan Tim SAR Gunungkidul sudah siap mengamankan seluruh pantai selama libur Lebaran ini.

Advertisement

Ia mengimbau kepada pengunjung supaya tidak berenang ke tengah laut karena gelombang sedang tinggi.

“Kami mentargetkan, pada Lebaran ini tidak ada kecelakaan laut. Untuk itu, kami mengharapkan pengunjung untuk mematuhui imbauan larangan mandi ketengah laut,” katanya.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman Lebaran sebelum-sebelumnya, pantai yang rawan kecelakaan laut yakni Pantai Baron dan Indrayanti.

Advertisement

Hal ini disebabkan tingginya jumlah pengunjung dan kondisi laut yang tidak dapat terduga, terutama di Pantai Baron sebagai pusat pertemuan sungai bawah tanah dan air laut.

“Selain itu, jumlah pengunjung di kedua pantai ini sangat banyak dibandingkan dengan objek pantai lainnya. Kami menempatkan personil lebih banyak antara 2-3 personel diluar anggota Tim SAR,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif