Jogja
Selasa, 6 Agustus 2013 - 17:45 WIB

DIY Diperkirakan Cerah Berawan di Hari Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo BMKG (Istimewa)

JIBI/Harian Jogja/Istimewa
Logo BMKG

Harianjogja.com, JOGJA– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja memperkirakan cuaca di DIY saat hari Lebaran cerah berawan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir turun hujan saat menjalankan ibadah sholat Idulfitri.

Advertisement

“Pada pagi hari, cuaca cenderung cerah berawan. Sedang untuk sore hingga malam hari berpotensi hujan dengan curah hujan ringan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meterologi Klimatologi (BMKG) Jogja Tony Agus Wijaya di Yogyakarta, Selasa (6/8/2013)

Meskipun demikian, lanjut dia, potensi hujan tidak akan terjadi secara merata di wilayah DIY namun cenderung berada di bagian selatan, yaitu di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan wilayah sepanjang pantai selatan.

“Jika hujan turun, maka intensitasnya tidak akan lebih dari 20 milimeter (mm) per 24 jam,” katanya.

Advertisement

Saat Lebaran, suhu udara saat siang hari mencapai 32 derajat celcius, sedangkan pada malam hari atau dini hari turun mencapai 20 derajat celcius.

“Perbedaan suhu maksimal dan minimal cukup signifikan, sehingga bisa berpotensi menurunkan daya tahan tubuh. Masyarakat pun harus bisa menjaga kondisi tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan mudik,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif