Lifestyle
Senin, 5 Agustus 2013 - 13:24 WIB

Inilah 8 Buah Berry yang Banyak Beri Manfaat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anek Buah Berry (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Buah berri yang dipercaya baik bagi kesehatan ternyata memiliki banyak manfaat yang mengejutkan. Sebagaimana dilansir dari laman DailyMail, Minggu (4/8/2013), berikut beberapa manfaat buah berri yang belum banyak orang ketahui.

Advertisement

Blueberry (hillscrestblueberrryfarm.com)

1. Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi di antara buah-buah lain, sehingga blueberry dapat melindungi Anda dari penyakit jantung dan kanker. Namun, ada satu manfaat yang belum banyak dikenal yakni blueberry dapat memperkuat tulang.

Advertisement

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Bone and Mineral Research menemukan bahwa konsumsi blueberry dapat membantu mengembangkan massa tulang. Para peneliti mengklaim bahwa senyawa polifenol (pigmen yang memberikan warna pada blueberry) dapat merangsang pertumbuhan sel tulang.

Studi selanjutnya bahkan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang setelah menopause.

Advertisement

Stroberi (toxist.com)

2. Stroberi

Salah satu jenis berry yang sudah banyak dikenal di Indonesia ini mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk. Stroberi merupakan obat terbaik untuk sembelit. Kandungan serat yang tinggi dari buah ini dikenal untuk membantu meningkatkan fungsi usus.

Sekitar 200 benih yang terdapat pada stroberi membantu membersihkan dinding ususs dan meningkatkan kesehatan usus besar.

Blackberry (blog.unikom.ac.id)

3. Blackberry

Salah satu jenis berry yang digunakan sebagai merek teleppon seluler ini dapat merangsang sel-sel otak. Sebuah studi pada hewan menemukan bahwa ekstrak blackberry dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan memori.

Sebuah penelitian di Human Nutrition Research Center on Ageing, Amerika Serikat, juga menemukan bahwa polifenol dalam buah yang berwarna gelap dapat meningkatkan fungsi kognitif, membantu memusnahkan protein beracun di otak. Hal ini dimungkinkan dapat mencegah penyakit alzheimer.

Redcurrant (bbc.co.uk)

4. Redcurrant

Satu cangkir redcurrant mengandung 308 mg potasium atau kalium dari 2000 mg yang Anda butuhkan setiap hari. Kalium sangat penting untuk mengatur tekanan darah dan baik untuk otot dan tukang. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram otot dan detak jantung yang tidak teratur.

Gojiberry

5. Goji berry

Buah yang berasal dari India ini mengandung beta-karoten lebih banyak dari wortel, membuatnya baik bagi kesehatan mata. Zat besi yang terkandung di dalamnya (7,6 mg per 100 gram) jauh lebih banyak dari memakan steak daging dan bayam.

Zat besi dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan lemas dan anemia.

Acaiberry (caiberryeducation.com)

6. Acai Berry

Acai berry berasal dari Brasil dan berwarna hitam. Kandungan antioksidannya dua kali lipat lebih tinggi dari blueberry. Tak heran jika buah ini dikenal memiliki manfaat anti-aging. Studi yang dilakukan oleh Emory University School of Medicine di Amerika Serikat menemukan bahwa lalat buah yang diberi suplemen acai berry dapat hidup tiga kali lebih lama.

Hal ini mungkin terjadi karena kandungan anthocyanin dalam buah yang membantu melindungi sel dari kerusakan. Jenis berry ini juga kaya akan asam amino dan asam lemak yang dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Rapsberry (dietspilluniverse.com)

7. Raspberry

Seperti halnya blueberry, raspberry juga memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan polifenol dalam raspberry dapat merangsang pertumbuhan sel tulang. Dalam penelitian hewan, ekstrak raspberry ditemukan untuk mengurangi peradangan tulang dan kerusakan tulang rawan sehingga raspberry merupakan obat bagi penderita arthritis (radang sendi).

Cranberry (kcrw.com)

8. Cranberry

Senyawa proanthocyanidins yang terdapat pada cranberry dapat membunuh bakteri E.coli yang melekat pada dinding kandung kemih. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa selain dapat menyembuhkan infeksi pada kandung kemih, cranberry juga bisa membantu melawan bakteri H.pylori yang sering dikaitkan pada penyakit ulkus peptikum dan kanker lambung.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif