Soloraya
Sabtu, 3 Agustus 2013 - 18:45 WIB

ZAKAT FITRAH : Keraton Serahkan ke Masjid Agung

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Keraton Kasunanan Surakarta (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Keraton Kasunanan Surakarta (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Solopos.com, SOLO — Pihak Keraton Solo bakal menyerahkan zakat fitrah berupa beras 400 bungkus ke Masjid Agung Solo, Senin (5/8/2013) pagi. Zakat fitrah itu rencananya dibagikan kepada warga yang kurang mampu.

Advertisement

“Zakat fitrah akan kami serahkan Senin besok. Nantinya, panitia masjid membagikan kepada warga yang secara ekonomi tidak mampu,” ujar Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo, KP Winarno Kusuma, kepada wartawan, Sabtu (3/8/2013).

Winarno menguraikan zakat fitrah yang diserahkan berupa beras 2,5 kilo sebanyak 400 bungkus. Pihak Keraton Solo sengaja menyerahkan kepada panitia masjid karena tahu data siapa saja yang berhak mendapatkan zakat fitrah.

“Tradisi ini sudah berjalan rutin tiap tahun. Kami pasrah pada panitia masjid supaya pembagiannya tepat sasaran,” jelas dia.

Advertisement

Dengan pembagian zakat fitrah dari Keraton, Winarno berharap dapat meringankan beban derita bagi warga miskin yang membutuhkan. Menurutnya, pembagian zakat fitrah bagi abdi dalem Keraton diberikan di Bangsal Marakata, Keraton Solo. “Saat pembagian zakat fitrah, abdi dalem akan menerima gaji,” jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris Masjid Agung Solo, Abdul Basit menyatakan secara teknis pembagian zakat fitrah di masjid akan dibagi menjadi dua tahapan. Tahapan pertama, pembagian zakat fitrah berasal dari Keraton, sedangkan tahap kedua dari masjid.

“Dari Keraton pembagiannya Senin sore, kalau masjid sendiri pembagiannya bertepatan malam takbiran,” kata dia.

Advertisement

Basit mengaku pengurus masjid telah menerima zakat fitrah dari masyarakat dan instansi baik itu berupa uang maupun barang sejak Jumat (2/8/2013) lalu.

Muhammad Khamdi/JIBI/Solopos

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif