Umum
Sabtu, 3 Agustus 2013 - 08:08 WIB

AH TENANE : Puasa ala Jon Koplo

Redaksi Solopos.com  /  Tim Solopos  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Meski sudah punya tiga anak, Jon Koplo yang tinggal di Pasar Kliwon, Solo ini tidak kuat berpuasa sehari penuh. Namun ia tidak berani terang-terangan karena malu dengan istri dan dua anaknya yang semuanya kuat berpuasa sehari penuh. Cuma Tom Gembus, anak ragilnya yang masih balita yang tidak berpuasa.

Advertisement

Biasanya ia juga ikut sahur. Hanya saja, ketika jarum jam menunjukkan pukul 10.00 WIB ia kemudian klithih-klithih menuju Pasar Klewer dan mampir di sebuah warung makan. Pukul 12.00 WIB biasanya ia sudah pulang. Tak ada yang curiga kalau Jon Koplo tidak berpuasa karena aktingnya cukup meyakinkan, termasuk kebiasaan yang banyak tidurnya.

Suatu hari Koplo mengajak Tom Gembus dolan ke Pasar Klewer. Seperti biasa, ia mampir ke warung makan. Ia mewanti-wanti anaknya untuk tidak membuka rahasia kalau sudah makan.

Sampai di rumah, ndilalah ketemu ibunya yang lagi ngobrol dengan budenya.

Advertisement

“Sudah ikut puasa  belum, Mbus?” tanya sang bude.

“Puasa seperti Ayah,” jawab Gembus.

”Puasa seperti Ayah? Kan Ayah puasanya sampai magrib?“

Advertisement

Dengan polosnya, Gembus menjawab, “Puasa seperti Ayah itu jam sepuluh sudah buka. ”Tadi aku dan Ayah sudah makan di Pasar Klewer!” jawab Gembus yang membuat budhenya tersenyum, namun ibunya justru mrengut. Sementara Jon Koplo hanya bisa ingah-ingih karena akting puasanya itu telah ketahuan.

 

Hamid Nuri, Prenggan KGII/926 Jogja 55172

 

Advertisement
Kata Kunci : Cerita Lucu Jon Koplo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif