Jogja
Rabu, 31 Juli 2013 - 12:55 WIB

RUMAH BUNG KARNO : Rumah di Jalan Patangpuluhan 22 Digolongkan BCB Kategori C

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Jumali Rumah di Jalan Patangpuluhan 22 Jogja

JIBI/Harian Jogja/Jumali
Rumah di Jalan Patangpuluhan 22 Jogja

Harianjogja.com, JOGJA– Rumah di jalan Patangpuluhan Nomor 22 Jogja digolongkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) Kategori C (tingkat kota).

Advertisement

Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jogja, Wahyu Astuti mengatakan pendataan telah selesai dilakukan. Bangunan itu digolongkan BCB kategori C (tingkat kota).

Terakhir tim menemukan bukti kuat lainnya yang dapat menunjukan rumah itu pernah digunakan sebagai tempat persembunyian Bung karno.

Bukti itu adalah dokumen catatan harian Fatmawati, istri Bung Karno yang diterbitkan oleh Sinar Harapan pada 1982.

Advertisement

“Di sana disebutkan mereka pernah tinggal di rumah Insinyur Purbodiningrat [pemilik rumah itu], “ katanya, belum lama ini.

Mengacu dalam buku itu, kisah rumah Patangpuluhan itu tertuang dalam bab I halaman 135 tentang agresi militer Belanda pertama 1947. Diceritakan, sekitar pukul 06.00 WIB, terdengar suara pesawat melintas di atas Gedung Agung Jogja, yang di dalamnya terdapat Soekarno beserta keluarga.

Karena dikhawatirkan Belanda akan menjatuhkan bom di Gedung Agung, Soekarno beserta keluarga dilarikan ke rumah seorang rekan insinyur, yang dugaannya adalah Purbodiningrat.

Advertisement

Adapula kesaksian penduduk sekitar, bahwa daerah Patangpuluhan itu dulu cocok sebagai lokasi persembunyian karena merupakan pinggiran kota yang akses masuknya tak semudah sekarang.

Rumah di Jalan Patangpuluhan No22, Wirobrajan, Jogja, yang pernah digunakan sebagai tempat persembunyian Soekarno, Presiden RI 1 pada Agresi militer II 1948 itu mengukir banyak coretan sejarah, namun ahli waris berniat menjualnya seharga Rp29 miliar. Pemerintah DIY berniat membelinya, namun masih dalam pembahasan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif