Soloraya
Senin, 29 Juli 2013 - 22:05 WIB

PEMBANGUNAN TERMINAL TIRTONADI : Agen Bus Malam & Pedagang Kios Darurat Boyongan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia Ilustrasi

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 12 pedagang dan agen bus malam di Terminal Tirtonadi boyongan menempati kios baru di terminal sisi tengah, Selasa (30/7/2013). Sementara dua unit smart card penunjang operasional boarding pass terminal tengah siap beroperasi per 1 Agustus mendatang.

Kasubag TU UPTD Terminal Tirtonadi Eko Agus Susanto ketika dijumpai Solopos.com, Senin (29/7/2013), mengatakan secara umum pelaksanaan pembangunan terminal sisi tengah mencapai 100%. Seluruh persiapan menyambut arus Lebaran telah rampung.
Beberapa di antaranya rencana boyongan agen bus malam yang sebelumnya berada di lorong terminal bagian barat siap direlokasi menempati tempat baru di terminal tengah.
Begitu pula keberadaan 12 pedagang di kios darurat juga direlokasi menempati kios baru di terminal tengah.

Advertisement

“Sekarang sudah pengecekan tinggal penyerahan saja. Untuk uji coba penumpang sudah kami masukkan ke terminal tengah dilanjutkan perjalanan ke barat atau ke timur,” katanya.

Eko mengatakan bekas lokasi agen bus malam maupun kios darurat harus bersih. Tidak ada lagi atribut yang masih tertinggal sehingga mengganggu arus lalu lintas pengguna jasa terminal. Eko menerangkan beroperasinya terminal tengah sekaligus menyempurnakan operasional terminal menuju sistem boarding pass.

Dua unit mesin smart card telah dipasang di antara terminal tengah dan terminal barat. Sesuai rencana, imbuh dia, dua unit smart card digunakan per 1 Agustus. Artinya, pemudik yang datang di terminal akan menggunakan smart card masuk di terminal Solo.

Advertisement

“Kami sudah siap menyambut pemudik. Persiapan sudah matang dan tinggal beroperasi saja,” katanya.

Eko memprediksi kedatangan pemudik mulai berdatangan di terminal pada 2 Agustus mendatang. Hal ini sesuai dengan libur sekolah serta libur pekerja atau karyawan.

Sesuai informasi yang diterimanya, dia mengatakan sebanyak 30 unit bus mudik gratis yang difasilitasi Bank Tabungan Negara (BTN) akan tiba di Terminal Tirtonadi pada 1 Agustus malam. Bus mudik gratis ini membawa rombongan pemudik dari Jakarta dan sekitarnya yang diberangkatkan pada 31 Juli.

Advertisement

“Kami baru mendapat informasi bus mudik gratis ya dari BTN sebanyak 30 bus datang nanti tanggal 1 Agustus. Itu kalau perjalanan normal,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif