Otomotif
Minggu, 28 Juli 2013 - 03:09 WIB

TIPS MUDIK : Angkut Bawaan Mudik dengan Boks & Side Bag

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang pegawai Polaris Accesories Center di Jl Dr Radjiman, Solo, menunjukkan dudukan boks dengan latar belakang beberapa jenis koleksi boks, Senin (22/7/2013). Boks dan side bag bisa jadi alternatif alat untuk mengangkut barang bawaan saat mudik Lebaran. ( Kurniawan/JIBI/Solopos)


Seorang pegawai Polaris Accesories Center di Jl Dr Radjiman, Solo, menunjukkan dudukan boks dengan latar belakang beberapa jenis koleksi boks, Senin (22/7/2013). Boks dan side bag bisa jadi alternatif alat untuk mengangkut barang bawaan saat mudik Lebaran. (
Kurniawan/JIBI/Solopos)

Mudik atau pulang kampung merupakan momentum paling ditunggu-tunggu kaum perantau. Momentum istimewa ini seringkali dimanfaatkan pemudik untuk membawa oleh-oleh terbaik bagi keluarga dan saudara. Namun repotnya bila kita tidak mempunyai mobil untuk mengangkutnya.

Advertisement

Situasi tersebut tidak jarang memaksa pengendara sepeda motor nekat mengangkut barang bawaan mereka. Padahal barang bawaan yang berlebihan dari segi bobot atau volume bisa mengancam keselamatan.

Untuk meminimalisasi risiko dalam perjalanan mudik, sekaligus tidak mengorbankan niat membawa banyak oleh-oleh, boks dan side bag atau tas samping bisa menjadi alternatif solusi.

Advertisement

Untuk meminimalisasi risiko dalam perjalanan mudik, sekaligus tidak mengorbankan niat membawa banyak oleh-oleh, boks dan side bag atau tas samping bisa menjadi alternatif solusi.

Untuk boks tersedia dalam beberapa variasi kapasitas tampung. Boks paling kecil berkapasitas tiga liter dan yang paling besar 46 liter. Semakin besar boks, harganya semakin tinggi. Tapi tergantung juga merk produk tersebut.

Bagi anda yang tertarik memakai boks, bisa datang langsung ke Polaris Accesories Center Jl Dr Radjiman Solo. Di tempat ini tersedia cukup banyak pilihan boks. Pegawai Polaris Accesories Center Jl Dr Radjiman Solo, Ari Wijaya, 27, mengungkapkan, terdapat empat merk boks yang tersedia di tempatnya yakni Givi, KMI, Shad dan Cool.

Advertisement

Mengenai harga boks, menurut Ari bervariasi mulai dari Rp175.000 hingga Rp1,4 juta. Dengan boks ukuran besar anda bisa mengangkut sepasang sepatu, helm full face, laptop dan tas. Boks ini bisa digunakan juga untuk mengangkut aneka oleh-oleh, pakaian, mantel atau peralatan teknis.

Untuk memasang boks ini anda juga harus menyiapkan dudukan-nya.
Biayanya bervariasi, mulai dari Rp60.000 hingga Rp200.000. Alat ini berfungsi sebagai tempat pemasangan boks.

“Dudukan boks dipasang di bagian belakang, tepatnya di tempat begel,” terang Ari ditemui Solopos.com.

Advertisement

Kelebihan lain boks adalah bahannya yang relatif tahan banting. Bagi Anda yang tidak menyukai boks, bisa memilih side bag. Alat berupa tas ini juga berfungsi mengangkut barang bawaan. Penggunaan side bag lebih praktis ketimbang boks. Sebab tali atau sabuk tas tinggal di selipkan di bawah jok sepeda motor. Harga side bag di kisaran Rp175.000 hingga Rp299.000.

Hanya, kapasitas tampung side bag lebih kecil yakni sekitar delapan hingga 10 liter. Selain berguna saat mudik dan balik Lebaran, boks dan side bag bisa dimanfaatkan saat touring.

 

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : BOKS Side Bag Tips Mudik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif