Jogja
Minggu, 28 Juli 2013 - 15:07 WIB

Antisipasi Bencana Merapi, Kades di Cangkringan Mulai Mendata Warga

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto AIustrasi

JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto
AIustrasi

Harianjogja.com, SLEMAN – Kepala desa di Kecamatan Cangkringan sudah mulai melakukan sejumlah persiapan antisipasi bencana. Salah satunya dengan mendata warganya, khususnya menggolongkan mereka yang harus dievakuasi dengan segera.

Advertisement

Kepala Desa Kepuharjo, Heri Suprapto mengaku telah melakukan pendataan pada warganya. Pendataan ini difokuskan untuk mereka yang sudah lanjut usia (lansia), ibu-ibu hamil (bumil), anak-anak dan penyandang diffable.

“Pendataan ini untuk mengetahui berapa jumlah warga yang membutuhkan evakuasi dengan segera. Mereka yang kami data khusus ini jika ada bencana datang mereka akan kami lakukan pengungsian lebih dini,” jelas Heri Suprapto, Jumat (26/7/2013).

Menurut Heri di wilayahnya ada puluhan warga yang membutuhkan penanganan khusus ini. Pihaknya sedang melakukan upaya agar mereka yang membutuhkan penanganan khusus ini bisa terlayani dengan baik.

Advertisement

“Kebanyakan mereka tidak bisa menyelamatkan diri sendiri dengan cepat. Biasanya kami membawa mereka ke tempat yang aman terlebih dahulu dan boleh kembali jika ada pengawasan dari keluarga mereka yang bisa bergerak cepat,” jelas Heri.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif