Lifestyle
Jumat, 26 Juli 2013 - 05:15 WIB

SUPLEMEN KESEHATAN : Minyak Ikan Bisa Picu Risiko Kanker Prostat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vitamin E (jewisjournal.com)

Ilustrasi vitamin E (jewisjournal.com)

Solopos.com, SOLO — Banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi pil vitamin dapat membantu meningkatkan kesehatan, namun sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa beberapa suplemen ternyata tidak baik untuk dikonsumsi.

Advertisement

Sebagaimana diberitakan dalam laman DailyMail, Rabu (24/7/2013), pekan lalu telah ditemukan fakta yang mengejutkan bagi para pengonsumsi minyak ikan atau asam lemak omega 3.

Minyak ikan yang dikatakan bisa meredakan nyeri sendi, meningkatkan kesehatan jantung dan melawan penurunan mental ternyata dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kanker Hutchinson Fred, Seattle, Amerika Serikat, terhadap lebih dari 2.000 pria menemukan bahwa  mereka yang memiliki kandungan omega 3 tinggi dalam darah mereka, 71% lebih berisiko terkena kanker prostat.

Advertisement

Selain itu, menurut pemimpin penelitian tersebut, Dr Alan Kristal, penggunaan vitamin dengan dosis tinggi tidak akan mengurangi risiko terkena penyakit.

Meskipun demikian, mengonsumsi vitamin dengan dosis yang dianjurkan masih aman. Maka, Anda perlu mempertimbangkan kembali mana suplemen yang benar-benar bermanfaat, mana yang lebih Anda butuhkan, dan berapa dosis vitamin yang aman untuk Anda konsumsi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif