News
Kamis, 25 Juli 2013 - 01:27 WIB

POLITIK DINASTI Perlu Dibatasi demi Hindari Nepotisme

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi politik dinasti (outlookindia.com)

Ilustrasi politik dinasti (outlookindia.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik dari Indobarometer, Muhammad Qodari, mengatakan harus ada pembatasan jabatan untuk mengurangi fenomena politik dinasti melalui peraturan menyusul maraknya praktik nepotisme dalam pemilihan kepala daerah akhir-akhir ini. Pernyataan itu disampaikan Qodari dalam acara dialog kenegaraan bertema Fenomena Politik Dinasti yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di kompleks kantor parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/7).

Advertisement

Selain Qodari, turut jadi narasumber dalam diskusi itu anggota DPD dari Provinsi Banten, Ahmad Subadri, dan pakar hukum tata negara, Margarito Kamis. “Tidak bisa dilarang, orang mau jadi wali kota, bupati. Bisanya dibatasi,” kata Qodari.

Dia menambahkan, pembatasan itu dapat dilakukan dengan penerapan peraturan. Dia mencontohkan seorang istri bupati yang ingin maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) baru boleh maju setelah berselang satu periode setelah suaminya tidak menjabat lagi.

Sementara itu, Margarito Kamis mengatakan tidak ada jaminan para pejabat yang tidak berasal dari dinasti politik akan lebih bersih dibandingkan dengan mereka yang masih famili pejabat. Menurutnya, secara konstitusional tidak boleh ada pembatasan hak politik untuk menjadi kepala daerah karena semua warga negara memiliki kedudukan yang sama untuk dipilih dan memilih.

Advertisement

Menurutnya, hal terpenting yang perlu dibenahi adalah sistem pemerintahan dan penegakan hukum yang benar. Hanya, untuk melakukan pembenahan tersebut dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif