PILKADES BOYOLALI
Tersangka Perusakan Kantor Kepala Desa Dlingo Bertambah

Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto (empat dari kiri) sedang meminta keterangan dari tiga tersangka pelaku perusakan Kantor Kepala Desa Dlingo, Mojosongo, Boyolali, di Mapolres setempat, Selasa (23/7/2013). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos) Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto (empat dari kiri) sedang meminta keterangan dari tiga tersangka pelaku perusakan Kantor Kepala Desa Dlingo, Mojosongo, Boyolali, di Mapolres setempat, Selasa (23/7/2013). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)
 Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto (empat dari kiri) sedang meminta keterangan dari tiga tersangka pelaku perusakan Kantor Kepala Desa Dlingo, Mojosongo, Boyolali, di Mapolres setempat, Selasa (23/7/2013). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)


Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto (empat dari kiri) sedang meminta keterangan dari tiga tersangka pelaku perusakan Kantor Kepala Desa Dlingo, Mojosongo, Boyolali, di Mapolres setempat, Selasa (23/7/2013). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Tersangka kasus perusakan Kantor Kepala Desa Dlingo, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, bertambah. Setelah dua tersangka sebelumnya, yaitu Ahmad dan Widodo alias Kawil, kali ini jajaran Polres Boyolali menangkap tersangka ketiga, Narsono alias Jek, warga Desa Dlingo.

Ditemui wartawan di Mapolres Boyolali, Selasa (23/7/2013), Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto, mengemukakan penangkapan ketiga tersangka berdasarkan penyelidikan dan penyidikan serta alat bukti yang dimiliki jajarannya. Namun hingga saat ini pihaknya masih terus mengembangkan kasus tersebut guna mengungkap aktor intelektual di balik aksi perusakan kantor desa itu.

“Target kami bisa mengungkap dan menangkap aktor intelektual di balik perusakan tersebut,” tegas Kapolres didampingi Kasatreskrim, AKP Dwi Haryadi, dan jajarannya, Selasa.

Terkait kasus tersebut, Kapolres meyakini pelaku perusakan kantor kepala desa itu lebih dari lima orang. Saat ini pihaknya masih memburu tersangka lainnya. Beberapa alat bukti yang saat ini diamankan Polres, di antaranya batang bambu, pecahan kaca nako, kaca lampu, batang pepaya, ban mobil bekas, balok kayu, serta batu, dan batu bata.

Lempari Kantor

Kasatreskrim menambahkan tersangka Widodo dalam aksi itu berperan sebagai pelaku pembakaran ban mobil bekas di ujung kantor desa. Widodo membakar ban tersebut dengan menggunakan balok kayu. Selain itu Widodo juga melakukan perusakan lampu di teras kantor kepala desa dengan menggunakan batang bambu.

Sedangkan keterlibatan tersangka Ahmad, menurut Kasatreskrim, yang bersangkutan ikut melempari kantor desa dengan batu. Meskipun tidak masuk sebagai panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Dlingo, Kasatreskrim menyebutkan saat itu tersangka ikut hadir saat digelar rapat di dalam kantor desa. Kasatreskrim mengatakan saat pelemparan, berdasarkan keterangan saksi-saksi, tersangka Ahamad sempat mencegah karena dia masih di dalam kantor desa. Namun setelah tersangka keluar, dia ternyata ikut melempari batu.

“Dia juga bilang ayo goleki calone [ayo cari calonnya],” paparnya.

Sementara keterlibatan tersangka Narsono alias Jack, dia diketahui ikut melempari kantor desa dengan menggunakan batu bata dan mengenai kaca nako hingga pecah. Tak hanya itu, tersangka juga merusak genteng garasi hingga hancur.

Kasatreskrim menambahkan sejauh ini diperkirakan terdapat lebih dari lima tersangka perusakan Kantor Kepala Desa Dlingo, termasuk yang mencabut pohon pepaya dan menggunakan buahnya untuk melempari gedung tersebut. Namun pihaknya menegaskan terus mengumpulkan bukti-bukti kuat terlebih dahulu sebelum menangkap pelaku.

“Yang lain masih kami kejar, termasuk siapa yang menyuruh mereka melakukan perusakan,” imbuh Kasatreskrim.

Tiga tersangka yang saat ini telah ditangkap, tambah Kapolres,  akan dijerat dengan pasal 170 dan pasal 200 KUHP tentang perusakan. Mereka diancam hukuman selama lima tahun sesuai Pasal 170 dan maksimal 12 tahun sesuai Pasal 200 KUHP.

Editor: | dalam: Boyolali |

6 Komentar pada “PILKADES BOYOLALI : Tersangka Perusakan Kantor Kepala Desa Dlingo Bertambah”

  1. japoke
    24 Juli 2013 pukul 15:55

    Maaf seharusnya bapak2 yg di atas itu introspeksi diri kenapa sampai terjadi perusakan wah kasian rakyat jd korban…..

    • Mbusukan
      24 Juli 2013 pukul 19:21

      Betul itu pak pol lihat sejarahnya dong.boleh target intelektual pengrusakan.biar adil berani tdk tangkap intelaktual yg 4x pildes menang kotak kosong.klu berani ya siap siap mutasi.hai pemuda dlingo jgn takut ada warga msk sel.dia pahlawan demokrasi.dlingo hrs beda jgn mau di intimidasi.biar penguasane setressss

  2. dul ndeso
    24 Juli 2013 pukul 19:19

    Sing ra ndue isin ki calon lurahe lek….ilmu kebal wirange wis tahap kesempurnaan

    • Mbusukan
      26 Juli 2013 pukul 01:01

      Pemuda dlingo jgn takut dgn penguasa yg otoriter.yg msk sel adalah pahlawan hebat.demokrasi memang perlu perjuangan.pildes 12x pun akan di siapin dana.artinya siapa yg bermain api.kurang jelas itu.aku aja yg rakyat kecil aja bisa mengerti.hih kok pura pura dak ngerti.oh deasaku dlingo dikau tembok awal demokrasi.ayo berjuang kotak kosong.klu semua di sel memang muat penjaranya ha ha tak tahu diri

  3. kopral jendral
    25 Juli 2013 pukul 09:05

    He..he..ksian wrg jd korban politik, cara2 adu domba smcm ini sdh jlas. Warga yg tdk pham keadaan psti akn trpancing emosi, inilah klebihan ilmux grup pnguasa, tinggal pak Pol bkerja profesional atw mmg ada pesanan. Utk wrg Dlingo jagalah ketenangan dan ketertiban, tunjukkan pd penguasa bhw anda2 berjiwa besar dan tdk bisa diintimidasi. Slamat berjuang!

    • mbusukan
      26 Juli 2013 pukul 01:05

      Pak cawades ku tersayang kowe ki wis tua umurmu arep tekan piro.gaji lurah ki piro kok nafsune kebablasan.opo suk ora wedi mati yen petine di balangi watu warga.kuburane di cing warga.kasihan betul hidupmu pak cawades.ge dolanan penguasa kok gelem.kasihan10x.al fatekah

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga »