Soloraya
Rabu, 24 Juli 2013 - 22:47 WIB

PROYEK PASAR Ir. SOEKARNO : Awal Agustus Hasil Audit Independen Keluar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maket Pasar Ir Soekarno Sukoharjo. (dok. Solopos)

Maket Pasar Ir Soekarno Sukoharjo (dok. Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Hasil audit tim independen proyek pembangunan Ir. Soekarno dijadwalkan keluar awal Agustus.

Advertisement

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sukoharjo, A.A. Bambang Haryanto, mengatakan tim independen yang merupakan ahli kontruksi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta itu meminta waktu 21 hari untuk melaksanakan audit.

Ia mengatakan audit yang sempat terhambat karena tim tidak bisa masuk ke dalam pasar itu dimulai sejak Senin (15/7/2013). Tim audit independen akan mengaudit bangunan yang sudah dikerjakan oleh kontraktor proyek PT Ampuh Sejahtera. Selain menilai berapa persen proses pengerjaan proyek, tim audit juga menilai kualitas bangunan yang ada. Hal itu dilakukan untuk menentukan usia teknis bangunan dapat digunakan oleh pedagang.

“Mereka membuat penilaian berapa mutu beton? Kira-kira bisa diguanakan untuk berapa lama? Selain itu mereka juga menaksir sudah berapa persen proyek dilaksanakan,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Rabu (24/7/2013).

Advertisement

Hasil audit tersebut, lanjutnya, sebelum diserahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akan dirapatkan dahulu oleh Pemkab Sukoharjo. Rapat tersebut juga akan mengundang pelaksana proyek PT Ampuh Sejahtera. Setelah itu, hasil akan diserahkan ke BPKP untuk membuat opini. Pembuatan opini itu diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu pekan. Dari hasil opini BPKP itu Disperindag baru akan menghitung kekurangan biaya yang dibutuhkan untuk melanjutkan pembangunan pasar.

“Setelah ketahuan berapa kekurangan dana baru kami ajukan ke dewan [DPRD Sukoharjo] untuk meminta tambahan anggaran,” imbuhnya.

Setelah penambahan anggaran disetujui, lelang ulang proyek yang akan meneruskan pembangunan pasar akan dimulai. Ia berharap proses yang telah dicantumkan dalam time schedule Disperindag itu dapat berjalan lancar. Seperti diketahui, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, menargetkan penyelesaian pembangunan pasar tersebut pada pengujung Desember tahun ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif