LOWONGAN CPNS 2013 : Inilah Tahapan Rekrutmen di Kementerian Keuangan!

Selasa, 23/7/2013
Ilustrasi PNS (Dok/JIBI/Solopos)Ilustrasi PNS (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi satu di antara 65 instansi pemerintah yang membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013. Proses rekrutmen akan dilaksanakan setelah Lebaran.

Kendati demikian website rekrutmen.depkeu.go.id telah mengunggah berbagai tahapan dan syarat pendaftaran CPNS 2013 di instansi tersebut.

Sebagaimana ditulis situs Depkeu, seleksi CPNS 2013 di Depkeu melalui beberapa tahap.  Rekrutmen dilakukan di 15 kota  besar di Indonesia,  yakni Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Jogja, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Denpasar, Kupang dan Jayapura.

Pendaftaran dilakukan secara online di website rekrutmen Depkeu. Setelah pendaftaran online, pelamar berhak mengikuti seleksi administrasi dengan cara mengirim berkas lamaran vis pos. Dalam seleksi administrasi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pendaftar. Mulai kartu identitas, surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan kesehatan, ijazah dan lainnya.

Peserta yang lolos tahapan administrasi selanjutnya diumumkan di website. Peserta kemudian mendapatkan tanda peserta ujian. Peserta kemudian mengambil tanda peserta ujian. Pada saat membawa tanda peserta ini, peserta harus membawa bebeberapa berkas pendaftaran asli.

Baru kemudian peserta mengikuti tes kompetensi dasar, psikotes, tes kesehatan dan kebugaran. Peserta yang lolos tahapan ters tersebut akan diumumkan di website. Peserta yang lolos selanjutnya megikuti tes wawancara. Tahap terakhir, peserta yang lolos tes wawancara selanjutnya mengikuti pemberkasan CPNS.