Soloraya
Selasa, 23 Juli 2013 - 15:55 WIB

KETUA GERINDRA SOLO DITANGKAP : Aris Nuryanto Batal Nyaleg

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO —  Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Solo, Aris Nuryanto, dipastikan tak jadi calon legislator (caleg) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Solo, Didik Wahyudiono, Selasa (23/7/2013). “Dia tidak masuk sebagai caleg. Artinya meski dia ditetapkan sebagai tersangka hal itu tak mempengaruhi Daftar Calon Sementara (DCS) di Gerindra,” urainya.

Advertisement

Aris diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang senilai Rp9,7 miliar. Atas dugaan kasus tersebut, Aris saat ini ditahan di Mapolrestabes Semarang.

Didik menerangkan kalaupun Aris masuk dalam DCS Gerindra, otoritas penggantian berada di partai bersangkutan. Hal itu sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) No. 7/2013 tentang Pencalonan.

Dijelaskannya, meski seorang caleg tersangkut kasus hukum bahkan berstatus sebagai tersangka, maka penggantian sepenuhnya berada di tangan partai. “Ketika DCS, ada fase memberikan masukan dari masyarakat. Jika ada masukan, nanti KPU menyampaikan kepada partai yang akan menindaklanjuti. Jadi, meski sudah jadi tersangka soal penggantian caleg itu menjadi otoritas dari partai,” urainya.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris DPC Gerindra Solo, Kurnia Sari, menuturkan Gerindra Solo sudah menggelar rapat internal setelah Aris ditahan. Pihaknya menegaskan roda partai tetap berjalan meski saat ini terdapat kekosongan kursi Ketua DPC Gerindra Solo.

“Kami sudah rapat internal, soal penahan, tidak ada masalah. Seperti yang disampaikan Sekjen, segala sesuatu di Partai Gerindra kolektif kolegial. Artinya, rapat partai tetap berjalan meskipun ketua tidak hadir,” urai dia.

Kurnia juga memastikan penahanan Aris tak mempengaruhi pencalegan lantaran keseluruhan proses pendaftaran caleg rampung.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif