Sport
Senin, 22 Juli 2013 - 18:37 WIB

PELATIH BARCELONA : Puyol Dukung Martino atau Enrique

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gerardo Martino, pelatih baru Barcelona, tak suka memberi tanda tangan. DokJIBI/Solopos/Reuters

Gerardo Martino, menjadi kandidat terkuat sebagai pelatih Barcelona. DokJIBI/Solopos/ Reuters/Marcos Brindicci

Solopos.com, BARCELONA –Kapten Barcelona, Carlos Puyol, memberi dukungannya kepada Gerardo Martino dan Luis Enrique, sebagai suksesor Tito Vilanova. Menurut Puyol, baik Martino maupun Enrique, memiliki filosofi yang mirip dengan gaya permainan Barcelona.

Advertisement

Nama Martino dan Enrique mencuat dalam bursa pelatih Barcelona musim ini. Keduanya dianggap sebagai calon yang tepat menjadi pengganti Vilanova, yang memutuskan mundur dari kursi kepelatihan karena ingin fokus dalam pengobatannya melawan penyakit kanker.

Martino saat ini masih berstatus sebagai pelatih klub Argentina, Newell’s Old Boys. Pelatih berusia 50 tahun itu sukses mengantarkan Newell’s Old Boys melaju ke final turnamen domestik.

Advertisement

Martino saat ini masih berstatus sebagai pelatih klub Argentina, Newell’s Old Boys. Pelatih berusia 50 tahun itu sukses mengantarkan Newell’s Old Boys melaju ke final turnamen domestik.

Sementara, Enrique merupakan eks pemain Barca dan Timnas Spanyol. Namun, bulan lalu, eks pelatih AS Roma itu baru saja menandatangani kontrak bersama Celta Vigo.

Puyol dalam konfrensi pers seusai menjalani latihan mengaku yakin direktur olahraga Barca, Andoni Zubizarreta dan klub akan memili seorang pelatih yang memiliki filosofi sesuai dengan etika permainan Barcelona, yang banyak mengusung ball possession.

Advertisement

“Dia menyukai gaya permainan Barca,” imbuhnya, sambil menambahkan bahwa dirinya teringat saat pertandingan Spanyol melawan Paraguay di perempat final Piala Dunia 2010. Saat itu, Paraguay yang dimanajeri Martino memberikan perlawanan yang sangat sulit dan merupakan pertarungan yang sangat keras.

Sementara mengenai Enrique, Puyol mengaku sudah cukup familir dengannya. Enrique sebenarnya merupakan pilihan yang kontroversial mengingat selain berstatus mantan pemain Barca, Enrique juga pernah bermain di Real Madrid.

“Setiap orang tahu saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Luis. Saya rasa dia memiliki apa yang dibutuhkan, tapi itu sama dengan kandidat lain, yang telah disebutkan,” terang Puyol.

Advertisement

“Saya tak tahu siapa yang akan datang… Kami siap membantu siapa pun yang datang, sebisa kami.”

Barca harus segera memutuskan pengganti Vilanova dengan secepatnya sebelum kompetisi La Liga Spanyol bergulir kurang dari sebulan lagi.

Salah satu alasan Martino dipandang sebagai kandidat yang bakal menangani Barcelona karena ia kelahiran Rosario, yang juga merupakan tempat kelahiran bintang Barcelona, Lionel Messi.

Advertisement

Messi pernah mengawali kariernya di tim junior Newell’s, di mana saat itu Martino menjadi pemain di tim senior.

Sementara peluang Enrique kemungkinan sangat kecil. Pasalnya, Enrique baru saja menyetujui kontraknya bersama Celta. Selain itu, Enrique juga memiliki catatan buruk saat menangani AS Roma di kancah Seri A Liga Italia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif