Umum
Minggu, 21 Juli 2013 - 20:17 WIB

WARGA LAWAN FPI : Presiden SBY Kritik Front Pembela Islam

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Dok/JIBI/Bisnis)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya angkat bicara mengenai Front Pembela Islam (FPI). SBY untuk pertama kalinya angkat bicara soal aktivitas ‘sweeping’ Front Pembela Islam yang kerap meresahkan masyarakat.

Advertisement

Seusai acara buka puasa bersama PT Pertamina (Persero), SBY, Minggu (21/7/2013), menggelar jumpa pers untuk memberikat pernyataan tentang bentrokan antara anggota FPI dengan masyarakat di Kendal, Jawa Tengah.

Presiden menegaskan Indonesia adalah negara hukum. Oleh karena itu, pemerintah tidak akan membiarkan aksi kekerasan dan main hakim sendiri oleh elemen masyarakat apapun, termasuk FPI.

Polri dan penegak hukum lain diminta tegas menertibkan berbagai  aksi kekerasan oleh sebagian kelompok untuk mencegah perpecahan dan benturan horizonal di tengah masyarakat.

Advertisement

“[Harus] dicegah elemen dari manapun juga, dan termasuk FPI melakukan tindakan kekerasan apalagi perusakan,” kata SBY, Minggu (21/7).

Kepala Negara mengatakan tindakan FPI di Kendal dan elemen lain yang melakukan tindak kekerasan mengatasnamakan islam tidak mencerminkan nilai agama islam.

Perbuatan-perbuatan tersebut, menurutnya, justu memalukan dan mencederai agama Islam.

Advertisement

“Islam tidak identik dengan kekerasan. Islam tidak identik dengan main hakim sendiri. Islam juga tidak identik dengan tindakan perusakan,” katanya.

Presiden mengimbau masyarakat untuk tenang dan menahan diri selama Ramadan. Masyarakat diminta menyerahkan sepenuhnya penegakan hukum kepada aparat yang berwenang.

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk patuh kepada hukum, saling menghormati di antara kita terlebih sekali lagi di bulan suci Ramadan ini.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif