News
Minggu, 21 Juli 2013 - 23:52 WIB

PERTEMUAN TOILET DUNIA : Solo Terpilih Jadi Tuan Rumah Pertemuan Bahas Jamban

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Solo World Toilet Summit 2013 (worldtoilet.org)

Logo Solo World Toilet Summit 2013 (worldtoilet.org)

Solopos.com, JAKARTA – Organisasi toilet dunia, World Toilet Organization (WTO), bersama Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), memilih Solo sebagai lokasi pelaksanaan pertemuan tingkat tinggi. Acara bertajuk World Toilet Summit 2013 itu dijadwalkan digelar 2-4 Oktober 2013 di Hotel Sunan, Solo.

Advertisement

Sebelum Solo, World Toilet Summit telah dilaksanakan 12 kali di 10 negara anggota. Pertemuan tingkat tinggi toilet dunia itu pernah digelar di Singapura, Korea Selatan, Taiwan, China, Irlandia, Rusia, Thailand, India, Amerika Serikat, dan Afrika Selatan

Tema The Rural Meet The Urban Sanitation diusung dalam pertemuan itu. Tema tersebut dipilih karena tak kurang dari 100 juta penduduk Indonesia belum memiliki akses sanitasi yang baik. Bahkan 63 juta orang masih membuang air besar sembarangan di sungai, danau, laut, dan daratan. Sebagian di antara mereka tinggal di kawasan perkotaan.

Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menciptakan dan menjaga toilet bersih tidak hanya menjadi masalah di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. World Toilet Summit 2013 antara lain digelar untuk menyosialisasikan kesadaran toilet bersih, khususnya di Indonesia.

Advertisement

Acara ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pekerjaan Umum, dan Pemerintah Kota Solo. Ketua ATI, Naning Adiwoso, dalam rilisnya yang diterima Solopos.com, Minggu (21/7/2013), menyatakan acara meliputi 3 hari summit, 2 hari training on trainers, 4 hari pameran, program sosial, serta World Toilet Carnival.

 

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif