Soloraya
Minggu, 21 Juli 2013 - 03:14 WIB

Pemkab Wonogiri Gelar Lomba Karawitan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lomba karawitan (Ayu A/JIBI/Solopos)

Ilustrasi lomba karawitan (Ayu A/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemkab Wonogiri akan menggelar Festival Karawitan Kategori Umum pada 27 dan 28 Agustus 2013. Pendaftaran peserta dibuka pada awal Juli hingga Senin (22/7/2013). Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hut ke-68 RI.

Advertisement

Kepala Bagian Humas Setda Wonogiri, Waluyo, mengatakan Festival Karawitan tersebut terbuka untuk Group Karawitan se-Kabupaten Wonogiri dari tingkat pelajar, umum maupun kantor atau instansi.

“Satu grup maksimal 25 orang dengan pakaian adat jawa. Pendaftaran peserta dibuka mulai awal Juli hingga 22 Juli 2013. Lokasi pendaftaran di Kantor Disbudparpora [Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga] Wonogiri pada jam kerja,” katanya kepada wartawan, Sabtu (20/7/2013).

Ia menambahkan materi gending bebas dan dapat diaransemen sesuai kreatifitas masing-masing kelompok. Setiap sajian, lanjut dia, minimal terdiri dari tiga bentuk gending diantaranya Bawa, Jineman, Palaran, Merong gending Kethuk 2, Ladrang, Ketawang, Lancaran/dolanan dan Srepegan.

Advertisement

“Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-68 RI dan upaya melestarikan kesenian tradisional itu akan diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri pada 27 dan 28 Agustus 2013. Nantinya, enam group karawitan dengan penampilan terbaik akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari Bupati Wonogiri. Juga uang pembinaan dengan total Rp9 juta,” ujarnya.

Panitia menyediakan fasilitas kepada peserta berupa seperangkat gamelan Slendro/Pelog. Pengambilan nomor undian akan dilaksanakan saat technical meeting pada 25 Juli 2013, sekitar pukul 10.00 WIB di Aula Disbudparpora.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif