MUDIK LEBARAN 2013
Pemudik Motor Harus Lewat Dermaga Khusus di Merak

ilustrasi (JIBI/dok)ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, MERAK–PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Merak menyiapkan jalur dan dermaga khusus bagi pemudik Lebaran sepeda motor untuk meminimalisasi kesemrawutan di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

“Kami akan menyiapkan dermaga IV dan V khusus bagi pemudik sepeda motor,” kata Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Nana Sutisna di Merak, Sabtu (20/7/2013).

Ia mengatakan penerapan jalur pemudik motor diberlakukan pada H-7 mereka melewati Dermaga IV dan V.

Diperkirakan jumlah pemudik motor yang melewati jalur penyeberangan Merak-Bakauheni tahun 2013 terjadi kenaikan sekitar 10 persen.

Kenaikan ini, kata dia, tentu harus disiapkan dermaga khusus motor untuk mengatasi penumpukan kendaraan roda dua di kawasan pelabuhan.

“Kami berharap dengan adanya dermaga khusus sepeda motor berjalan lancar dan tertib,” katanya.

Menurut dia, puncak pemudik motor akan terjadi H-3 karena semua perusahaan di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) sudah diliburkan. Karena itu, pihaknya menyiapkan dermaga khusus pemudik motor Lebaran guna menghindari dan penumpukan kendaraan.

Pemudik motor harus melewati khusus Dermaga IV dan V, namun jika terjadi kepadatan bisa menggunakan jalur Dermaga I, II dan III. Selama ini, ujar dia, Dermaga I,II dan III diperuntukkan jalur mobil pribadi, bus dan truk pengangkut sembako.

“Kami terus memberikan pelayanan semaksimal mungkin sehingga arus mudik lancar,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah pengemudi sepeda motor mengaku bahwa mereka menyambut positif kebijakan ASDP Merak dengan menyiapkan jalur khusus pemudik motor.

“Saya kira jalur khusus dermaga pemudik motor dipastikan arus lalu lintas yang hendak diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, berjalan lancar tanpa terjadi penumpukan roda dua,” kata Herman, seorang pengemudi motor hendak tujuan Kalianda, Lampung Selatan.

Editor: | dalam: Peristiwa |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »