Umum
Jumat, 19 Juli 2013 - 15:27 WIB

SALURAN AIR : Asyik, PDAM Solo Pasang Pipa Gratis Bagi 4.000 Pelanggan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - air

Ilustrasi

Solopos.com, SOLO—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo mendapat dana bantuan hibah senilai Rp11 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pemasangan pipa bagi 4.000 pelanggan.

Advertisement

Direktur PDAM Solo, Singgih Tri Wibowo, mengatakan alasan Solo mendapat bantuan hibah tersebut karena masih mempunyai idle capacity atau kapasitas air yang belum termanfaatkan. Singgih menjelaskan jumlah pelanggan di Solo saat ini masih rendah jika dibandingkan dengan kapasitas air yang ada.

Dia menuturkan sebelumnya sudah memasang pipa untuk 1.000 pelanggan namun dalam waktu dekat pihaknya akan menambah 3.000 pelanggan. Singgih mengatakan sudah menyurvei jaringan yang akan dipasang pipa. Kemudian hasil survei tersebut akan disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum untuk diverifikasi apakah jaringan tersebut meyakinkan untuk dibantu pemasangan pipa.

“Pemasangan tersebut akan dikonsentrasikan di Solo wilayah timur, yakni Mojosongo, Jebres, Pucangsawit, Kampung Sewu, Semanggi, Danusuman dan sampai Tipes,” ujar Singgih kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (19/7/2013).

Advertisement

Singgih menuturkan alasan pemilihan wilayah timur adalah karena pelanggan di wilayah tersebut masih sedikit. Dia menjelaskan kapasitas air 50 liter/detik seharusnya digunakan untuk 5.000 pelanggan, namun pelanggan di wilayah tersebut masih sedikit.

“Pelayanan kami sudah menjangkau semua wilayah tapi jumlah pemasangan baru di wilayah tersebut sedikit. Oleh karena itu, berdasarkan peraturan, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dibantu pemerintah pusat. Salah satunya melalui dana hibah ini,” tuturnya.

Singgih mengatakan saat ini masyarakat yang tinggal di wilayah timur masih ada yang menggunakan hidran dan belum terakomodasi pada bantuan kali ini. Oleh karena itu, Singgih menuturkan akan mengajukan bantuan apabila ada program serupa.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif