Sport
Jumat, 19 Juli 2013 - 18:27 WIB

JELANG MOTOGP LAGUNA SECA : Diganggu Cedera, Lorenzo Kalem

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rider Yamaha, Jorge Lorenzo, mengaku lebih tenang saat menjalani adu kebut di Laguna Seca, California, akhir pekan ini. DokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Rider Yamaha, Jorge Lorenzo, mengaku lebih tenang saat menjalani adu kebut di Laguna Seca, California, akhir pekan ini. DokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, CALIFORNIA—Jorge Lorenzo menghadapi balapan MotoGP Laguna Seca, California, akhir pekan ini dengan lebih tenang. Hal ini menyusul cederanya yang masih membelitnya selepas menjalani operasi tulang selangka, yang diakibatkan kecelakaan pada dua seri terakhir.

Advertisement

Akhir pekan lalu, Lorenzo mengalami kecelakaan saat menjalani latihan bebas kedua di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Akibatnya, ia mengalami operasi tulang selangka untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya juga sempat mengalami hal serupa seusai crash di Sirkuit Assen, dua pekan sebelumnya.

Lorenzo sempat dikabarkan baru akan menjalani comeback MotoGP 2013, saat adu kebut kuda besi itu berlangsung di Indianapolis, medio Agustus mendatang. Namun, ia mengaku sudah lebih baik dan dengan kompetisi yang kian sengit, juara MotoGP musim lalu ini pun memutuskan untuk turun di Laguna Seca.

“Ini merupakan operasi kedua yang saya dapat di tulang selangka kiri dalam satu bulan atau kurang, jadi ini tak mudah mendapatkan semua peradangan. Tapi bagaimanapun, saya sedikit lebih baik daripada di Assen, di sana saya hanya memiliki satu hari pemulihan, dan sekarang saya memiliki hampir sepekan. Jadi saya lebihbaik dibanding di Assen, tapi lebih buruk daripada di Jerman,” ujar Lorenzo di motogp.com, Jumat (19/7/2013).

Advertisement

“Sejujurnya, meskipun sudah berakhir, Laguna Seca…… Saya sudah lelah setelah sekian banyak kecelakaan dalam beberapa waktu. Dan dua kali cedera lagi! Saya rasa untuk tetap tenang dan tinggal di rumah dan tak di Laguna. Namun, kemudian dengan kecelakaan Dani, itu membuat saya memiliki lebih kesempataan dalam kejuaraan dan juga merala lebih baik dalam dua hari kemudian. Inilah yang mengubah pemikiranku.”

Terkait fitur sirkuit Laguna Seca, Lorenzo mengaku sudah mengenal. Terlebih, ia juga sudah memiliki pengalaman membalap di Laguna Seca. Namun, dengan kondisi yang dialaminya, Lorenzo tak akan terlalu berambisi.

“Saat ini [sirkuit] memiliki banyak perubahan arah dan banyak tanjakan serta turunan, dan itu juga memiliki trek yang sangat pendek. Jadi kami akan melintasi di 30 lap atau lebih. Ketika Anda dalam fisik yang sempurna, akan sangat sulit menyelesaikan balapan. Bayangkan Anda dalam kondisi cedera, seperti yang saya alami beberapa hari ini. Namun, saya juga memiliki banyak pengalaman berkendara dengan cedera di sini.”

Advertisement

“Pada 2008 saya masih dilanda cedera pada dua angkelku.. Saya kembali mengalami patah dua pergelangan kaki di lap pertama. Tapi terutama pada 2009, saya tak memiliki patah tulang selangka, tapi cedera ligament tulang selangka. Jadi saya membalap dengan kondisi yang sangat buruk dan finish ketiga. Dan pada tahun 2011, saya jatuh setelah latihan ketika control traksi tak bekerja dan saya mengalami highside buruk dan cedera parah pada pinggul. Jadi saya memiliki pengalaman di sini dalam kondisi terluka.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif