Jogja
Kamis, 18 Juli 2013 - 15:57 WIB

UMY Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Se-Indonesia Versi 4ICU Juli 2013

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Istimewa Logo UMY

JIBI/Harian Jogja/Istimewa
Logo UMY

Harian Jogja.com, BANTUL – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meraih predikat perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik se-Indonesia periode Juli 2013 versi 4ICU.

Advertisement

Sekretaris UMY, Nafi Ananda Utama menjelaskan predikat ini meningkat dari sebelumnya, ketika tahun awal tahun lalu meraih peringkat sebagai PTS terbaik se-Jateng DIY versi Webometrics.

Ia menjelaskan, penilai 4ICU adalah penilaian secara independen. “Kami tidak mengirimkan berkas-berkas untuk dinilai oleh mereka, tapi merekalah yang langsung menilai kami,” jelasnya, Kamis (18/7/2013).

Salah satu kriteria penilaian adalah jumlah orang atau pihak di luar UMY yang membuat link website ke website UMY. Menurut dia, penilaian dari segi website itu bukan berarti websitenya bagus atau tampilannya yang menarik, tetapi lebih pada institusi atau perguruan tinggi itu sendiri.

Advertisement

Bagaimana sebuah universitas diminati dan dipercaya oleh masyarakat, dapat tercermin dari isi serta informasi yang diberikan pada masyarakat melalui websitenya.

Tahun lalu, jumlah link yang ada website UMY berjumlah 30.000, dan tahun ini naik menjadi 54.000. “Itu artinya banyak orang yang ingin mengetahui tentang UMY dan kepercayaan masyarakat terhadap UMY terus meningkat, baik itu di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.

Wahyudi, Kepala Biro Sistem Informasi UMY menjelaskan bahwa ada tiga komponen yang dinilai oleh 4ICU, yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Reffering Domains. Dan dari ketiganya menurut Wahyudi, mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Advertisement

Wahyudi mengatakan website UMY banyak memberikan informasi-informasi akurat tentang UMY kepada masyarakat. Ini juga yang kemudian menjadikan kepercayaan masyarakat terhadap UMY terus meningkat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif