News
Kamis, 18 Juli 2013 - 17:27 WIB

SELEKSI UMB-PT : Pendaftar 5.000 Orang, UNS Gandakan Soal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap menggandakan soal dan lembar jawaban Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) 2013. Pasalnya, hingga Kamis (18/7/2013), tercatat 5.000-an lebih pendaftar UMB-PT.

Menurut Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno, pendaftaran UMB-PT ditutup pada Jumat (19/7/2013). Sementara itu, Kamis pagi pihaknya sudah menerima 6.500 lembar soal dan lembar jawaban UMB-PT. Dia memperkirakan, penambahan jumlah pendaftar bisa saja berlangsung cepat dalam dua hari terakhir pendaftaran. Panitia SPMB pusat, lanjut Sutarno, telah memprediksi jumlah kenaikan pendaftar sebanyak 1.000 orang perhari dalam dua hari terakhir.

Advertisement

Agar tidak kekurangan soal, pihaknya akan meminta izin kepada panitia SPMB pusat untuk menggandakan soal dan lembar jawab UMB-PT. Untuk meminta soal dan lembar jawab tambahan kepada pusat diakui tidak memungkinkan karena ujian tulis UMB-PT akan digelar Minggu (21/7/2013).

“Meski pendaftar terus bertambah, kami berharap jumlah pendaftar sesuai dengan jumlah soal dan lembar jawabannya. Jika tidak cukup, kami siap menggandakan soal jika panitia pusat member izin,” ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung Rektorat UNS, Kamis sore.

Lebih lanjut, Sutarno memaparkan, ujian tulis UMB-PT digelar di dua tempat, yakni Kampus UNS Kentingan dan Kampus PGSD Kerten. Ujian tulis diperkirakan berlangsung di 325 ruangan dan melibatkan 650 pengawas. Ujian tulis UMB-PT tidak menyertakan tes potensi akademik (TPA). Peserta diminta mengerjakan soal-soal berdasarkan kelompok ujian masing-masing, yakni IPA, IPS dan campuran. Pengumuman UMB-PT akan dilakukan Minggu (28/7/2013).

Advertisement

Sementara saat disinggung berapa rincian jumlah pendaftar UMB-PT dari kelompok ujian IPA, IPS maupun IPC, Sutarno belum mau memberikan keterangan. Dihubungi kembali Kamis sore, Sutarno tetap belum memberikan jawaban.

Sebelumnya, UNS membuka kuota 540 kursi mahasiswa baru jenjang S1 melalui jalur UMB-PT. Kuota ini merupakan 10% dari 5.400 kursi yang disediakan UNS bagi mahasiswa baru jenjang S1. Sebanyak 59 program studi (prodi) dari sembilan fakultas siap menampung seluruh mahasiswa S1 yang diterima dari seleksi UMB-PT.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif