Lokasi Maluku Tenggara Barat (indonesiamengajar.org)
Kamis, 18 Juli 2013 04:22 WIB JIBI/Solopos/Antara Peristiwa Share :

Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa 5,1 SR

Lokasi Maluku Tenggara Barat (indonesiamengajar.org)

Lokasi Maluku Tenggara Barat (indonesiamengajar.org)

Solopos.com, AMBON — Gempa tektonik berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Kamis (18/7/2013) pukul 04.46 WIT. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Kifly Wakanno mengungkapkan berdasarkan koordinasi dengan BPBD MTB tidak ada kerusakan berarti akibat gempa tersebut.

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ambon menyebutkan episentrum gempa berada pada 6’42” Lintang Selatan (LS) dan 130’17” Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 166 km di bawah permukaan laut. Lokasi gempa itu kira-kira berada pada posisi 186 km arah barat laut Maluku Tenggara Barat.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia. Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…