Umum
Kamis, 18 Juli 2013 - 00:01 WIB

GELAR BATIK NUSANTARA 2013 : SBY Puji 3,5 Juta Penggiat Perbatikan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pengrajin batik tengah menyelesaikan pembuatan batik tulis dalam pameran Gelar Batik Nusantara 2013 di Jakarta Convention Center, Rabu (17/7/2013).(Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Dua pengrajin batik tengah menyelesaikan pembuatan batik tulis dalam pameran Gelar Batik Nusantara 2013 di Jakarta Convention Center, Rabu (17/7/2013).(Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji sumbangan sekitar 3,5 juta penggiat batik dalam memajukan industri batik Indonesia. “Saya sebagai kepala negara, kepala pemerintahan dan pribadi mengucapkan terima kasih atas semua yang bapak dan ibu lakukan,” katanya ketika membuka acara Gelar Batik Nusantara 2013 di Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Advertisement

SBY menilai batik telah berkembang pesat sebagai sarana promosi kebudayaan maupun sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Industri batik, paparnya, saat ini didukung sekitar 3,5 juta orang di pelbagai tempat di Tanah Air. Sekitar 500.000 orang terlibat langsung dalam industri batik, sedangkan 3 juta orang lainnya bekerja dalam industri penunjang industri batik. “Maka [batik] memberi kontribusi bagi penciptaan lapangan kerja dan peningkatan penghasilan rakyat,” katanya.

Kemajuan batik juga tampak dari perkembangan kualitas, corak, dan warna produk-produk yang dihasilkan oleh industri batik Indonesia. Kualitas dan ragam batik berkembang beriringan dengan tren penggunaan produk batik dalam berbagai acara di dalam dan luar negeri.

Kepala Negara mengaku dirinya dan Ibu Negara Ani Yudhoyono tidak pernah lupa membeli produk batik setiap kali berkunjung ke daerah yang memiliki industri batik lokal. “Dunia makin mencintai batik Indonesia. Saya hampir selalu memberikan cendera mata kepada tamu negara berupa batik. Kami ingin hadirkan batik pada masyarakat dunia,” kata Presiden.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, SBY dan Ani Yudhoyono menerima anugerah penghargaan Kriya Pusaka dari Yayasan Batik Indonesia karena dinilai berjasa dalam pengembangan batik Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif