Umum
Kamis, 18 Juli 2013 - 21:05 WIB

BI RATE NAIK : Bank Di Solo Mulai Sesuaikan Bunga Simpanan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kenaikan acuan suku bunga atau BI Rate dua bulan terakhir mulai direspons kalangan perbankan dengan menyesuaikan bunga simpanan dan bunga kredit.

Supervisor Dana Jasa Bank BRI Cabang Solo Slamet Riyadi, Wiwik Suswantini, menyampaikan penyesuaian bunga simpanan akibat kenaikan BI Rate memang tidak signifikan. Bunga simpanan lebih banyak mengacu pada perubahan bunga Lembaga Penjamin Simpanan.

Advertisement

“Hanya deposito dengan jangka waktu 3 bulan yang mengalami kenaikan bunga, dari sebelumnya 4,75% per tahun menjadi 5% per tahun. Untuk bunga simpanan yang lainnya, relatif masih sama belum ada penyesuaian,” kata Wiwik, saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Kamis (18/7/2013).

Penyesuaian ini, lanjut Wiwik, bahkan sudah dilakukan sejak kenaikan BI Rate yang pertama di bulan Juni lalu. “Saat itu BI Rate naik dari 5,75% menjadi 6% dan diikuti dengan kenaikan bunga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dari 5,5% menjadi 5,75%. Dari situ bunga deposito kami sesuaikan.”

Tetapi untuk kenaikan BI Rate Juli ini dari 6% menjadi 6,5% tidak diikuti dengan kenaikan bunga LPS. “Jadi belum ada lagi perubahan bunga simpanan.”

Advertisement

Sementara, bunga deposito di luar jangka waktu 3 bulan, masih relatif sama. Dia menjelaskan, bunga deposito di Bank BRI berada di kisaran 4,25%-5,25% per tahun, tabungan Britama berkisar 1% hingga 2,25% per tahun dan Simpedes 1% hingga 1,75% per tahun.

Di Bank Jateng, penyesuaian bunga simpanan lebih banyak diberikan dalam bentuk special rate atau bunga khusus kepada nasabah deposito. “Special rate hanya kami berikan kepada nasabah tertentu deposito. Mungkin bagi nasabah yang mendepositokan dana hingga di atas Rp100 juta bisa dapat bunga khusus. Mengenai besarannya, itu bisa dinego,” kata Koordinator Kepala Bank Jateng Solo, Abunasor, saat ditemui terpisah.

Saat ini bunga tabungan di Bank Jateng sangat bervariasi sesuai produk dan besaran nominal simpanan. Misalnya Tabungan Bima akan memberikan bunga mulai 2% hingga 2,5%, Tabungan Simpeda Umum mulai 1,5% hingga 2,5%, Tabunganku 1%, serta Tabungan Simpeda Hiprada 0,75%. Adapun bunga simpanan dalam bentuk giro berkisar 0% hingga 2,5%, dan bunga deposito antara 4,75% hingga 5,25%.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif