Soloraya
Senin, 15 Juli 2013 - 20:42 WIB

MUDIK LEBARAN 2013 : Pengamanan Terminal TKI Bandara Solo Diperketat

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (Solopos dok)

Ilustrasi Kepulangan TKI (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Terkait kepulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) pengamanan di Terminal TKI Bandara Adi Soemarmo Solo akan semakin ditingkatkan.

Advertisement

Seperti diberitakan, jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang atau mudik melalui Terminal TKI Bandara Adi Soemarmo Solo sepanjang bulan Puasa hingga menjelang Lebaran tahun 2013 diperkirakan mencapai 2.000 orang.

Koordinator Terminal TKI Bandara Adi Soemarmo Solo, Hafid Zaini menyampaikan pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak TNI AU. Saat ini gedung terminal TKI sudah menjadi tempat steril yang hanya bisa diakses oleh TKI dan keluarga penjemput. Penjemput yang masuk ke area terminal juga harus menunjukkan kartu identitas dan dibatasi hanya dua orang.

“Kebanyakan TKI yang datang kemudian dijemput oleh keluarganya atau rombongan dari daerah asal. Kalau tidak dijemput, kami siap mendampingi untuk mendapatkan armada yang resmi beroperasi di bandara. Yakni, taksi Angkasa Pura dan Batik Solo Trans (BST),” kata Hafid kepada Solopos.com, Senin (15/7/2013).

Advertisement

Dari situpun, nama TKI dan asalnya akan dicatat. Jika naik taksi, maka nama sopir taksinya pun akan dicatat. Pengamanan yang ketat ini juga didukung oleh sistem keamanan Bandara Adi Soemarmo Solo.

“Sehingga dipastikan TKI pulang dalam kondisi aman.”

Saat ini, tambahnya  sudah ada sekitar tiga orang dari TNI AU yang ikut berjaga di Terminal TKI. Sementara itu, Assistant Manager Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Rini Sri Rahayu, menambahkan Terminal TKI adalah ring 1 yang pengamanannya langsung oleh pihak TNI AU. Pekan kedua Puasa, kata dia, tingkat kepulangan TKI memang sudah mulai meningkat. Bahkan potensinya akan meningkat sebanyak tiga hingga empat kali lipat dari hari biasa yang hanya berkisar 40-50 TKI per hari.

Advertisement

“Kami akan melihat kondisi dulu, ketika memasuki puncak kepulangan TKI jelas pengamanan akan diperketat.”

Tahun lalu, PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo bekerja sama dengan Kantor Bea Cukai dan Kantor Imigrasi untuk pengamanan kepulangan TKI.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif