Sport
Senin, 15 Juli 2013 - 19:38 WIB

LIGA JERMAN : Formasi Guardiola Terasa Aneh

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Bayern saat menerima intruksi dari pelatih anyar mereka, Joseph Pep Guardiola (berdiri membelakangi) di arco, Italia Utara, Sabtu (6/7/2013). DokJIBI/Solopos/Reuters/Alessandro Garofalo

Para pemain Bayern saat menerima intruksi dari pelatih anyar mereka, Joseph Pep Guardiola (berdiri membelakangi) di arco, Italia Utara, Sabtu (6/7/2013). DokJIBI/Solopos/Reuters/Alessandro Garofalo

Solopos.com, BERLIN—Sejumlah penggawa Bayern Munich masih merasa janggal menjalankan sistem permainan yang diterapkan pelatih baru mereka, Pep Guardiola.

Advertisement

Meski masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan sistem baru, pasukan Bavarians tetap tampil cemerlang saat melibas tim Divisi III Jerman, Hansa Rostock, empat gol tanpa balas dalam laga persahabatan, Minggu (14/7) waktu setempat.

Dalam pramusim ini Bayern mengagendakan enam laga persahabatan menghadapi tim dari divisi yang lebih rendah. Guardiola memanfaatkan sejumlah laga di pramusim untuk membiasakan para pemainnya dengan sistem permainan baru yang diraciknya.

Di bawah besutan pelatih Jupp Heynckes saat memenangi treble winner musim lalu, Bayern menggunakan formasi konvensional 4-2-3-1. Seiring dengan pergantian pelatih di musim ini, Guardiola yang membawa Barcelona memenangi 14 gelar juara dalam empat tahun kebersamaan di Nou Camp dan resmi menggantikan Heynckes pada bulan lalu, memperkenalkan formasi 4-1-4-1.

Advertisement

Pasukan Bavarians sampai saat ini terus mencoba beradaptasi dengan formasi baru itu. Pemain sayap Bayern, Franck Ribery, menggambarkan sistem baru itu terasa aneh. Dia menyebut sistem ini total berbeda dengan yang biasa dimainkannya bersama rekan-rekan setimnya.

Meski para pemain masih merasa aneh memainkan formasi ini, Guardiola yakin mereka bisa secepatnya beradaptasi dengan formasi yang diterapkannya. “Para pemain cerdas, musim lalu mereka memenangi tiga gelar juara. Namun membutuhkan waktu untuk menjalankan sebuah sistem baru,” ujar Guardiola dilansir NDTV Sports, Senin (15/7) WIB.

“Kami akan menjalani sejumlah ujian besar di depan kami, terutama menghadapi BVB [Borussia Dortmund],” imbuhnya. Bayern akan menghadapi Dortmund di Piala Super Jerman pada 27 Juli mendatang. Sementara Bundesliga musim 2013/2014 akan mulai digelar pada 9 Agustus.

Advertisement

Pada pekan depan Bayern akan bermain dalam turnamen mini yang juga diikuti Dortmund di Moenchengladbach. Saat ini Guardiola masih kehilangan sejumlah bintang seperti Dante, Bastian Schweinsteiger dan Mario Goetze plus Javi Martinez yang menjalani pemulihan dari cedera atau mendapatkan perpanjangan liburan setelah menjalani tugas di Piala Konfederasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif