Teknologi
Minggu, 14 Juli 2013 - 15:15 WIB

KISAH SUKSES : Ini Dia Perjalanan Miliarder Michael Bloomberg

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Michael Bloomberg

Michael Bloomberg

Solopos.com, JAKARTA-– Salah satu miliarder terkenal di dunia adalah Michael Bloomberg. Kepiawaiannya mengolah data keuangan berhasil menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia yang juga pernah menjabat sebagai walikota New York. Berikut adalah kisah suksesnya.

Advertisement

Michael Bloomberg adalah seorang pengusaha dan politikus yang dikenal secara internasional dan juga di antara orang kaya di dunia dengan kekayaan bersih mendekati 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp50 triliun. Dia adalah presiden Pasar Keuangan Bloomberg dan terpilih sebagai walikota New York City pada 2001.

Michael Rubens Bloomberg lahir pada 14 Februari 1942 di mana orangtuanya masuk dalam jajaran kelas menengah di Medford, Massachusetts. Pada 1964 ia pergi ke Johns Hopkins University untuk mempelajari BS di Teknik Elektro dan pada 1966 ia belajar dan meraih gelar Master of Business Administration di Universitas Harvard.

Setelah Universitas, Bloomberg maju menjadi ahli di pemeringkat di Salomon Brothers dan menjadi partner pada 1972. Segera setelah itu, ia mengawasi semua perdagangan saham Salomon, penjualan dan sistem informasi, tetapi pada 1981, setelah merger, ia dipecat.

Advertisement

Dia menerima payout 10 juta dolar AS sebagai pesangon yang digunakan untuk memulai data keuangan dan perusahaan komunikasi yang disebut Bloomberg LP yang menjual terminal informasi keuangan kepada perusahaan-perusahaan Wall Street.

Bloomberg LP memiliki lebih dari 165.000 pelanggan di seluruh dunia. Sebagai pebisnis terbukti kelayakan, anak perusahaan pada 1990 meluncurkan layanan berita, dan kemudian radio, televisi, internet, dan penerbitan.

Bloomberg Financial Markets adalah distributor global berbasis multimedia layanan informasi, menggabungkan berita, data dan analisis untuk pasar keuangan global dan bisnis.

Advertisement

Sebagai perusahaan, Bloomberg menunjukkan pertumbuhan yang kuat dan dia mendedikasikan lebih banyak waktu untuk filantropi, keinginannya untuk meningkatkan pendidikan, penelitian medis dan akses ke seni meningkat, telah memberikan motivasi bagi banyak kedermawanannya.

Pada 1997 Bloomberg menerbitkan autobiografinya, Bloomberg Bloomberg. Semua royalti dari penjualan buku ini disumbangkan kepada Committee to Protect Journalists atau Komite Perlindungan Wartawan.

Pada 2001, Michael Bloomberg menjadi walikota New York, menghabiskan rekor jumlah uangnya sendiri pada kampanye. Dia terpilih sebagai walikota, menggantikan Rudy Giuliani.

Bloomberg menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina untuk Johns Hopkins University sampai Mei 2002 dan merasa terhormat ketika School of Hygiene dan Kesehatan Masyarakat dinamai “The Bloomberg School of Public Health” penghargaan untuk kepemimpinan dan penggunaan filantropi untuk meningkatkan kondisi manusia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif