Jogja
Jumat, 12 Juli 2013 - 13:21 WIB

Wow! Pendapatan Desa Kepuharjo dari Pasir Merapi Mencapai Rp781 juta

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Reuters Ilustrasi uang

JIBI/Harian Jogja/Reuters
Ilustrasi uang

Harian Jogja.com, SLEMAN– Mencengangkan! Pendapatan Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan sejak Januari hingga 10 Juli 2013, mencapai Rp781,31 juta.

Advertisement

Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto menyebutkan pendapatan desa ini khususnya dari dana hasil penjualan pasir dan batu lereng Merapi. “Dana itu diperoleh dari pendapatan yang masuk ke pemerintah desa,” katanya, Kamis (11/7/2013).

Jumlah pendapatan itu jauh lebih kecil dari pembayaran pajak bahan galian golongan C yang disetorkan ke Pemkab Sleman, yang hingga Juli mencapai Rp2,641 miliar.

Dari dana pendapatan yang diterima Pemdes Kepuharjo, lanjut Heri, sebagian digunakan untuk untuk membeli delapan sepeda motor senilai total Rp91,7 juta untuk kepala dusun yang ada, guna menunjang peningkatan kinerja pemerintahan dusun setempat.

Advertisement

“Sisa dana pendapatan desa tersebut nantinya akan dialokasikan untuk pembangunan desa, seperti membangun infrastruktur, renovasi sejumlah fasilitas umum, dan lainnya,” katanya.

Rencananya, kata dia, tahun depan bantuan berupa kendaraan operasional serupa juga akan diberikan kepada BPD, dan lembaga desa lainnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif