News
Kamis, 11 Juli 2013 - 06:45 WIB

MAHASISWA BARU UNS : Maru 2013 Bisa Ajukan Keringanan Biaya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi mahasiswa baru UNS (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bisa mengajukan keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Namun, pengajuan tersebut khusus diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang benar-benar tidak mampu.

Advertisement

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNS, Dwi Tiyanto, memaparkan jika mahasiswa baru merasa keberatan dengan besaran biaya UKT, yang bersangkutan bisa mengajukan keringanan pembayaran, penundaan pembayaran bahkan penghapusan pembayaran.

Namun, kesempatan yang diberikan UNS sebaiknya tidak dimanfaatkan untuk berspekulasi atau memanipulasi data diri. “Permohonan keringanan UKT atau permohonan lain wajib melampirkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang ditandatangani lurah/kepala desa setempat. SKTM merupakan bukti bahwa mahasiswa benar-benar berasal dari keluarga miskin,” ujarnya ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (10/7/2013).

Meski begitu, Lanjut Dwi, UNS tidak begitu saja meloloskan permohonan mahasiswa baru. Usai permohonan diajukan, pihaknya akan melakukan verifikasi data mahasiswa dan home visit ke tempat tinggal masing-masing.

Advertisement

Dengan begitu, bisa diketahui informasi tentang pekerjaan orangtua, penghasilan orangtua, tanggungan keluarga dan kondisi sebenarnya dari mahasiswa pemohon keringanan. Selain bisa membantu mahasiswa yang benar-benar membutuhkan, penelusuran data calon mahasiswa juga bertujuan menghindari mahasiswa yang berspekulasi saat akan membayar.

“Bisa saja ada mahasiswa baru yang mendaftar di beberapa perguruan tinggi [PT] dengan waktu pembayarannya hampir bersamaan. Untuk mengantisipasi kerugian, mereka mengajukan keringanan UKT. Kami harap tidak terjadi hal semacam itu,” tuturnya.

Dwi menambahkan, pengajuan permohonan keringanan UKT dan pengajuan lain bisa segera diproses setelah mahasiswa baru mengajukan selesai permohonan. Besaran keringanan, waktu penundaan dan status lain ditentukan dari hasil verifikasi dan home visit mahasiswa baru.

Advertisement

Jika hasil penelusuran data sesuai dengan kondisi sebenarnya, ada kemungkinan mahasiswa baru bisa membayar UKT di luar jadwal semula, yakni 11-17 Juli. Mahasiswa baru yang ingin mengajukan keringanan pembayaran UKT bisa menghubungi Bagian Kemahasiswaan (Mawa) UNS, Bagian Pendidikan UNS atau menghubungi fakultas masing-masing.

Ke depannya, mahasiswa yang mengajukan keringanan bisa memanfaatkan berbagai beasiswa yang ada, seperti Beasiswa PPA, Beasiswa BBM serta beasiswa dari beberapa perusahaan yang menjadi rekanan UNS. Dengan begitu,  mahasiswa yang tidak mampu bisa difasilitasi oleh berbagai keringanan yang tersedia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif