News
Selasa, 9 Juli 2013 - 18:21 WIB

CUACA : Awas, Waspadai 3 Siklon Tropis Hingga September!

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (http://library.thinkquest.org)

Ilustrasi (http://library.thinkquest.org)

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan masih akan ada tiga siklon tropis yang akan muncul dan berdampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia hingga bulan September 2013.
Advertisement

“Awal Juli ini ada Siklon Tropis Soulik. Jadi perkiraannya masih akan ada tiga siklon lagi sampai September baru mereda,” kata Kepala BMKG Sri Woro B Harijono di Jakarta, Rabu. Siklon-siklon tropis tersebut diperkirakan berada di utara wilayah Indonesia, bergerak di wilayah Filipina hingga ke Donggala. Siklon tropis tersebut, menurut dia, akan mengangkat uap air, sehingga membuat tekanan udara rendah di seluruh wilayah Indonesia.

“Kapan siklon ini akan muncul itu yang belum bisa kita ketahui. Namun, jika berada di wilayah Filipina dan di Riau masih ada kebakaran hutan dan lahan, ya itu yang harus kita antisipasi karena asap bisa terbawa ke Singapura dan Malaysia lagi,” ujar dia.

Dampak lain dari keberadaan tiga siklon tropis yang diperkirakan baru akan mereda hingga September, lanjutnya, yakni intensitas hujan yang cukup tinggi di bagian utara Pulau Jawa. “Di utara Jawa hujan akan banyak hingga Oktober. Tentu antisipasi banjir juga tetap harus dilakukan tidak hanya di utara Jawa, tapi juga di wilayah Indonesia lainnya,” tuturnya.

Advertisement

Siklon tropis Soulik yang berada di sebelah utara timur laut Biak, Papua, saat ini telah bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan 11 knots atau 20 km per jam ke arah barat. Kecepatan angin yang ditimbulkan dari siklon ini mencapai maksimum 80 knots atau 150 km per jam.

Namun demikian, BMKG menyebut saat ini siklon tropis tidak memberi dampak terhadap cuaca di Indonesia, karena telah bergerak menjauh.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif