Umum
Senin, 8 Juli 2013 - 01:20 WIB

TAREKAT NAQSABANDIYAH & Tarekat Samanniyah Awali Puasa

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ramadan (Muhammad Arif Pribadi/JIBI/Antara)

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah melakukan salat tarawih di Surau Baru, Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatra Barat, Sabtu (6/7/2013) malam. Mereka lebih awal memulai salat tarawih sebagai tanda masuknya 1 Ramadan 1434 H, berdasarkan perhitungan metode hisab Munjid yang sudah turun menurun dilakukan setiap tahun. (Muhammad Arif Pribadi/JIBI/Antara)

Solopos.com, PADANG — Jemaah Tarekat Samanniyah dan Tarekat Naqsabandiyah di Sumatra Barat, mulai Senin (8/7/2013) ini, sudah mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1434 Hijriah.

Advertisement

“Awal puasa ditentukan dengan melihat bulan purnama pada tanggal 15 Syakban. Jika bulan terlihat, awal Ramadan dihitung 15 hari berikutnya,” terang Imam Tarekat Samanniyah di Musala Cerobong, Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Minggu (7/7/2013).

Ia mengisahkan pada masa lalu jemaah Tarekat Samanniyah menentukan awal Ramadan berdasarkan kesepakatan bersama. Jika jemaah sudah bersepakat maka puasa akan dilaksanakan selama 30 hari dan hari berikutnya merupakan awal Lebaran.

Selain melihat bulan, jemaah Tarekat Samanniyah juga mencocokkan penanggalan dengan tahun hijriah. “Kalau melihat kalender, tanggal 1 Ramadan jatuh pada hari besok [8/7/2013],” katanya.

Advertisement

Dengan keputusan itulah, jemaah Tarekat Samanniyah yang umumnya berusia lanjut itu mulai melakukan salat tarawih, Minggu malam. Ritual itu dilakukan 23 rakaat yang terdiri atas 20 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat salat witir. “Saat ini yang melakukan salat tarawih hanya sekitar 15 orang saja, sebab hanya itu pengikutnya,” katanya.

Ia mengatakan para pengikut Tarekat Samanniyah rata-rata berusia 40 tahun ke atas, sedangkan generasi muda keturunan jemaah tersebut sudah mengikuti ajaran Islam pada umumnya. “Kebanyakan generasi sudah mengikuti ajaran Islam secara umum dan Muhammadiyah. Di keluarga saya, anak saya ikut Muhammadiyah dan kami tidak boleh memaksakan karena ini kepercayaan mereka,” katanya.

Tarekat Samanniyah adalah bagian dari pengikut ajaran Syeikh Burhanuddin di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat. Selain Tarekat Samanniyah, juga ada Tarekat Syattariyah di daerah tersebut .

Advertisement

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatra Barat juga telah menetapkan awal Ramadan 1434 Hijriah, Minggu (7/7/2013), sedangkan Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan Selasa (9/7/2013). Hingga kini, pemerintah belum menetapkan awal Ramadan karena baru akan melakukan sidang isbat Senin (8/7/2013).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif