News
Senin, 8 Juli 2013 - 18:25 WIB

SBMPTN 2013 : Pengumuman Tak Transparan, Panitia Klaim Terima 109.853 Calon Mahasiswa

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengumuman SBMPTN, Senin (8/7/2013) hanya menampilkan satu demi satu nomor peserta. Tak bisa dipastikan apakah benar panitia mengumumkan 109.853 nama pada kesempatan itu. (pengumuman.sbmptn.or.id)

Pengumuman SBMPTN, Senin (8/7/2013) hanya menampilkan satu demi satu nomor peserta. Tak bisa dipastikan apakah benar panitia mengumumkan 109.853 nama pada kesempatan itu. (pengumuman.sbmptn.or.id)

Solopos.com, JAKARTA — Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, Senin (8/7/2013), mengumumkan hasil ujian masuk perguruan tinggi negeri itu. Bukan disajikan di hadapan publik secara transparan melainkan hanya pemilik nomor seleksi yang bisa mengintip hasil ujiannya.

Advertisement

Jangan berharap membaca nama seluruh peserta yang dinyatakan lulus Panitia SBMPTN. Setiap pengakses laman pengumuman.sbmptn.or.id bisa mengisi 10 angka pada kolom nomor peserta dan wajib melengkapinya dengan tanggal lahir. Jika sistem menganggap nomor itu sesuai dengan data tanggal lahir maka tampilan laman berganti dengan pernyataan lulus atau tidak.

Kantor Berita Antara, Senin petang, mengutip klaim Ketua Umum Panitia SMBPTN Akhmaloka bahwa pihaknya telah memasukkan 109.853 nama pada database peserta yang dianggap lulus seleksi ujian masuk 62 perguruan tinggi milik seluruh rakyat Indonesia tersebut. SBMPTN sebagaimana dipublikasikan panitia diikuti 585.789 peserta.

“Para peserta yang ingin melihat hasil pengumuman dapat mengakses melalui laman pengumuman.sbmptn.or.id mulai pada Senin, 8 Juli pukul 17.00 WIB,” kata Akhmaloka yang juga Rektor ITB itu didampingi Sekretaris Panitia SBMPTN, Rochmat Wahab dalam penjelasan hasil SBMPTN di Jakarta, Senin.

Advertisement

Selain melalui laman resmi tersebut, panitia menurut Akhmaloka, juga mengumumkan hasil ujian itu melalui laman sbmptn.ui.ac.id, sbmptn.itb.ac.id, sbmptn.undip.ac.id, dan sbmptn.its.ac.id demi mengantisipasi banyaknya peserta yang mengakses secara bersamaan. “Pengumuman juga dilakukan melalui surat kabar nasional dan lokal pada Selasa, 9 Juli, besok,” janjinya.

Semoga saja pengumuman melalui surat kabar lebih transparan!

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif