News
Senin, 8 Juli 2013 - 20:22 WIB

RAMADAN 2013 : Pemerintah Tetapkan Rabu Sebagai Awal Puasa

Redaksi Solopos.com  /  Tomi Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suryadharma Ali (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah melalui  Menteri Agama Suryadharma Ali telah mengumumkan penetapan tanggal 1 Ramadan yang jatuh pada hari Rabu (10/7/2013).

Hal ini disampaikan oleh Suryadharma setelah melalui siding isbat yang dihadiri semua organisasi masyarakat kecuali Muhammadiyah.

Advertisement

“Melihat hasil dari pengamatan hilal apakah diperkenankan saya mengumumkan jatuhnya awal ramadan bertepatan dengan hari Rabu, tanggal 10 Juli 2013?” tanya Suryadarma kepada hadirin.

Setelah mendapatkan kata sepakat dengan semua peserta sidang, Suryadarma punmengumumkan bahwa awal puasa tanggal 10 Juli 2013.

Advertisement

Setelah mendapatkan kata sepakat dengan semua peserta sidang, Suryadarma punmengumumkan bahwa awal puasa tanggal 10 Juli 2013.

“Dengan demikian mengucapkan Bismillaahirrohmaanirrohiim kami  menetapkan tanggal 1 ramadan 1434 H bertepatan dengan Rabu 10 Juli 2013,” kata Suryadarma mengumumkan hari awal puasa.

Sebelumnya Muhammdiyah telah mengumumkan pada pekan lalu jika awal puasa jatuh pada 9 Juli 2013. Adanya perbedaan awal puasa antara Muhammadiyah dengan pemerintah ditanggapi beragam oleh warga Twitter. Akun @_mhary menganggap perbedaan hari awal puasa karena banyaknya orang cerdas di Indonesia.

Advertisement

Beda lagi dengan akun @pasarsapi yang memberikan wejangan untuk tetap menjalankan ibadah puasa meski awal puasa tiap orang berbeda. “Jadi gak usah risau dengan perbedaan awal puasa, risaulah jika ibadahmu puasamu hanya menjalankan kewajiban semata #isbat”

Ada juga yang bercanda dengan menganggap bahawa awal Ramadan di Indonesia itu sama yakni tanggal 1 Ramadan Hijriah. Akun yang berujar adalah @AaDena_.

“Ketika saya, orng yg awam ribut ngobrolin awal puasa yg beda-beda, pdhl kalo dipikir lg, awal puasa ramadan itu sama yaitu tgl 1 Ramadan :|”

Advertisement

Berikut beberapa komentar warga Twitter terkait perbedaan awal puasa di Indonesia:

@vararara “Berdasarkan pooling sms,awal ramadan jattuh pd hari baik :-)”

@melindanishida “Masalah baru indonesia,penentuan awal puasal&penentuanidulfitri,hilalnya ilang mulu-_-“

Advertisement

@raihanarayii “#Nw metro tv dll. Apapun yg ditetapkan pemerintah utk awal ramadan, semoga adlh hasil yg terbaik *ULIL AMRI*

@dimassuryotomo “Yeaahh !! Awal puasa jatuh pada bulan Ramadan”

@Rynavirgo_girl “detik-detik penantian 1 ramadan 🙂 awal puasa gak dirumah 🙁 nasip-nasip :'(“

@indra_whyd “awal ramadan aja dipermasalahkan , kalo pengen ibadah mahh jangan itungitungan !”

@AcaciaClarkUK “Kayaknya negara luar tuh nentuin awal puasa udah gitu. Kalo di indo sampe jam 10 mlm jg gabakal kelaar o

@Fickyeno “Walalupun berbeda penetapan awal ramadan, tapi ada kemungkinan lebarannya barengaann nih

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif