News
Kamis, 4 Juli 2013 - 14:20 WIB

KUDETA MESIR : Morsi Tak Ditahan Bareng Para Ajudannya

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Demonstrasi Mesir JIBI/Harian Jogja/Reuters

Foto Demonstrasi Mesir
JIBI/Harian Jogja/Reuters

Harianjogja.com, KAIRO-Presiden Mesir yang baru digulingkan, Mohamed Morsi, masih ditahan oleh pihak militer negeri itu. Tokoh Ikhwanul Muslimin tersebut kini ditahan di tempat terpisah dari para ajudannya.

Advertisement

Sebelumnya seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (4/7/2013), Morsi dan para ajudannya ditahan di Klub Pengamanan Presiden Republik Mesir.

Namun menurut Gehad El Haddad, anak ajudan kepercayaan Morsi, Essam El Haddad, Morsi kini dipindahkan ke Kementerian Pertahanan Mesir.

“Untuk pencegahan, dia telah ditahan untuk persiapan final,” kata salah seorang pejabat militer senior.

Advertisement

Morsi ditahan bersama para ajudan seniornya setelah mengeluarkan ajakan bagi para pendukungnya untuk mempertahankan legitimasinya. Pernyataan tersebut dilontarkannya beberapa jam usai pihak militer mengumumkan penggulingan dirinya dari kursi presiden.

Pihak militer menilai ajakan Morsi itu bernuansa hasutan. Hal tersebut dikhawatirkan bisa semakin mengancam keamanan Mesir yang masih bergejolak.

“Dalam beberapa hal, kami harus melawan hal itu (ajakan Morsi). Itu adalah retorika yang mengancam. Dia telah menciptakan perselisihan di antara rakyat Mesir,” kata pejabat militer tersebut.

Advertisement

Sedikitnya 50 orang dilaporkan telah tewas dalam gejolak di Mesir yang berlangsung sejak 30 Juni lalu. Angkatan bersenjata Mesir pun mengultimatum Morsi agar membuat kesepakatan dengan para demonstran guna menyelesaikan krisis.

Menyusul tergulingnya Morsi, polisi Mesir juga menangkap kepala Partai Kebebasan dan Keadilan, Saad Al Katatni. Partai tersebut juga merupakan partai pendukung Morsi. Selain itu Wakil Pemimpin Tinggi Ikhwanul Muslimin Rashad Bayioumi juga telah ditangkap.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif